BMKG: Bulan Depan, Intersitas Hujan di Sumbar Mulai Menurun

"Hal ini merupakan fenomena musiman yang disebabkan karena gerak semu matahari"
Ilustrasi (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Sumatera Barat merilis, dari hari ini Senin 5 November 2018 hingga dua hari kedepan, cuaca daerah itu masih didominasi oleh hujan dengan berbagai intensitas.

Kondisi ini cenderung sama dengan bulan Oktober lalu, dimana pada pagi hingga siang hari cuaca Sumbar cenderung cerah, sedangkan memasuki sore hingga dinihari lebih dominan hujan sedang hingga deras.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Minangkabau Padang Pariaman, Yudha Nugraha mengatakan, hal ini merupakan fenomena musiman yang disebabkan karena gerak semu matahari.

"Selama fenomena ini berlangsung, matahari berada di belahan bumi bagian Selatan, sehingga membuat tekanan udara rendah serta daerah pertemuan massa udara di dekat sumatera barat," katanya pada KLIKPOSITIF.

Menurut Yudha, kondisi demikian juga terpengaruh oleh Mosun atau arah angin, yang mana angin dari Barat cukup banyak membawa uap air.

"Sehingga suhu permukaan laut jadi menghangat dan berdampak pada peningkatan suplai uap air ke kawasan Sumatera Barat," jelas Yudha. Ia mencatat, suhu permukaan laut saat ini berkisar antara 28-29 derajat celcius.

Ia menyebutkan, cuaca seperti itu akan berlansung hingga bulan Desember depan, dengan puncaknya di bulan November ini.

"Bulan desember mulai menurun meskipun nilainya masih tinggi, namun dibandingkan November sudah mulai berkurang," ucapnya kemudian.

Pendapat Yudha kemudian dibuktikan dengan data prakirawan cuaca BMKG Sumatera barat. Data tersebut menjelaskan bahwa suhu udara Sumatera Barat dalam dua hari depan berkisar antara 19-29 derajat celcius.

Tercatat pula bahwa dalam waktu tersebut kelembapan udara berada di sekitaran 75 hingga 98 persen dengan kecepatan angin 6 hingga 18 kilometer per jam yang bertiup dari arah Barat Daya hingga Timur Laut.

Kondisi demikian mengakibatkan potensi hujan sedang hingga deras pada sore dan malam ... Baca halaman selanjutnya