Setpres Jalin Kemitraan dengan IPB, Terkait Flora dan Fauna di Istana Kepresidenan

"Adapun yang mendasari kerja sama ini adalah pihak Istana Kepresidenan membutuhkan dukungan personel dan peralatan dalam rangka pemeliharaan kesehatan hewan di lingkungan Istana Kepresidenan"
Kasetpres bersalaman dengan Rektor IPB usai menandatangani kesepakatan kerja sama di Wisma Negara, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (6/11). (Setkab)

KLIKPOSITIF -- Sekretariat Presiden menjalin kerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam hal pengelolaan flora dan fauna di lingkungan Istana Kepresidenan. Kerja sama ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama oleh kedua belah pihak di Wisma Negara, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (6/11).

Nota Kesepahaman antara kedua belah pihak ditandatangani oleh Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dan Rektor IPB Arif Satria. Dalam Nota Kesepahaman bernomor 01/Ka./Setpres/11/2018 dan Nomor 109/T3/KsM/2018 itu kedua belah pihak sepakat untuk mengadakan kerja sama di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta bidang lain yang disepakati kedua belah pihak sesuai dengan fungsi dan wewenang masing-masing guna kelancaran pelaksanaan tugas dan kewajiban kedua pihak.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyambut baik penandatanganan kerja sama ini. Menurutnya, kerja sama ini akan sangat membantu Sekretariat Presiden dalam menata dan merawat barang milik negara, baik yang bergerak maupun yang tidak, terutama Istana-Istana Kepresidenan.

“Ini adalah bagian contoh yang cukup baik bahwa kami ingin bekerja sama dengan jajaran IPB terutama antara lain untuk menata lanskap, mengelola kawasan-kawasan area Istana (Kepresidenan) yang kami juga tidak bisa melakukannya sendiri,” kata Kepala Sekretariat Presiden sebagaimana rilis yang disampaikan Rabu (7/11).

Demikian halnya dengan Rektor IPB Arif Satria yang mengatakan bahwa kerja sama ini merupakan langkah yang tepat untuk dilakukan.

“Ini adalah merupakan rintisan yang tepat sekali dalam rangka untuk bersinergi, untuk bisa memobilisasi sumber daya yang kita miliki dalam rangka untuk menjaga, merawat Istana (Kepresidenan) yang saat ini ada, Istana (Kepresidenan) seluruh Indonesia,” ujar Arif Satria.

Sementara itu ... Baca halaman selanjutnya