Wagub Sumbar Sayangkan Etape 4 TdS 2018 Tidak Melintasi Masjid Raya Sumbar

"Kota Padang sebagai lokasi start harusnya melibatkan ikonik pariwisata Sumbar tersebut untuk dilalui pebalap sebagai ajang promosi"
Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Salah satu ikon pariwisata Sumbar yakni, Masjid Raya Sumbar tidak dilalui pebalap TdS 2018. Kota Padang sebagai lokasi start harusnya melibatkan ikonik pariwisata Sumbar tersebut untuk dilalui pebalap sebagai ajang promosi.

Pada etape 4 Kota Padang - Agam (144 km), star dari Lapau Panjang Cimpago Pantai Padang dan finis di Hotel Nuansa Maninjau tersebut langsung ke jalan S. Parman dan UNP, seterusnya Pasar Lubuk Buaya-Simpang BIM-Simpang Patung Ikan Lubuk Alung-Bypass Pariaman-Sungai Garingging-Kantor Bupati Agam-Kelok 44 dan finis di Hotel Nuansa Maninjau.

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit menyayangkan peluang promosi tersebut tidak terelisasikan dengan baik. Padahal bisa diusulkan kepada panitia TdS untuk melewati Masjid Raya Sumbar. Ditegaskannya, hal itu akan menjadi bahan evaluasi pelaksanaan TdS kedepannya.

Sebab, kata Wagub, tujuan TdS tidak hanya olahraga (Sport) tetapi juga promosi pariwisata, seharusnya momen TdS bisa dimanfaatkan maksimal untuk promosi. "Ini juga menjadi bahan evaluasi kami, kalau bisa di Kota Padang ini pebalap keliling, ini tidak. Sayang kan," kata Nasrul Abit, Rabu 7 November 2018.

Dijelaskannya, penentuan jarak dan rute memang dari tim panitia TdS, namun masih bisa di usulkan dalam hal ini pemerintah maupun Dinas Pariwisata. "Kita akan evaluasi agar banyak destinasi wisata yang dilalui pebalap," ungkapnya.

Dilanjutkannya, walaupun Masjid Raya Sumbar dilalui pada etape terakhir (8) Kabupaten Pesisir Selatan - Kota Pariaman (158 km) melewati jalan Khatib Sulaiman, tetap akan dijadikan bahan evaluasi. "Tak apa dilalui berkali-kali, malahan bagus untuk promosi," tegasnya.

Selain itu, evaluasi penyelenggaraan diakhir tahun menjadi pertimbangan, kemudian pendanaan melalui APBD murni. "Jadi selain ikon pariwisata yang tidak dilewati, ada beberapa item TdS yang akan kami evaluasi, mulai dari pelaksanaan di pertengahan tahun serta pendanaan melalui APBD ... Baca halaman selanjutnya