Longsor Intai Pebalap TdS di Palupuah, BPBD Agam Siaga Personil

"Rute ini akan melintasi Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam yang merupakan salah satu jalur rawan bencana seperti longsor"
Jalur palupuah, Agam (Ist)

AGAM, KLIKPOSITIF - Stage 5 Tour de Singkarak akan mengambil rute Limapuluh Kota - Pasaman sejauh 170,5 Kilometer pada hari ini, Kamis 8 November 2018

Rute ini akan melintasi Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam yang merupakan salah satu jalur rawan bencana seperti longsor, pohon tumbang maupun jalan terban akibat topografi wilayahnya yang berada di perbukitan.

Potensi bencana akan meningkat jika wilayah tersebut diguyur hujan dengan intensitas tinggi, seperti yang terjadi dalam beberapa hari terakhir.

Tadi malam, Rabu 7 November 2018, akses di Palupuah sempat terganggu akibat adanya pohon tumbang sebelum bisa dibersihkan. Kepala Pelaksana BPBD Agam Lutfi mengakui jika ada potensi bencana yang bisa saja mengancam TdS 2018.

"Kondisi alam di sana ya memang seperti itu, saat ini kita pantau secara intensif," sebut Lutfi saat dikonfirmasi KLIKPOSITIF.

Ia mengatakan, demi mengantisipasi terjadinya hal yang tak diinginkan, pihak BPBD Agam telah menyiagakan sejumlah personil. "Personil kita siapkan dan koordinasi juga dengan Balai Jalan Propinsi Sumatera Barat sehingga jika terjadi sesuatu bisa segera diantisipasi," ungkapnya.

Dengan topografi areal bebukitan dengan tebing terjal dan jurang menganga di kanan-kirinya, para pebalap TdS mesti waspada.

[Hatta Rizal]