Longsor, Jalur Lintas Antar Pasaman Barat-Pasaman Putus

"Setidaknya ada empat titik longsoran yang ditemukan di Kecamatan Talamau"
Warga melintas di kawasan yang tertimbun longsoran tanah di Kecamatan Talamau (Istimewa)

PASBAR, KLIKPOSITIF -- Curah hujan yang tinggi dalam beberapa hari terakhir membuat akses jalan antar Kabupaten yang menghubungkan Kabupaten Pasaman Barat dan Pasaman terputus akibat tertutup material longsor.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasaman Barat, Tri Wahluyo mengatakan, setidaknya ada empat titik longsoran yang ditemukan di Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat.

"Akibat longsor itu jalur Pasaman Barat-Pasaman via Talamau terputus. Kendaraan belum bisa lewat, maka antrean panjang terjadi di dua sisi dan itu tidak bisa dihindari," katanya Kamis, 8 November 2018.

Ia menjelaskan, dua dari empat titik longsoran tersebut terjadi pada Rabu 7 November malam, sedangkan sisanya pada Kamis dinihari. Saat kejadian, kawasan tersebut sedang diguyur hujan deras.

"Saat ini Pasaman Barat masih dalam keadaan bercuaca mendung, kemungkinan hujan deras akan terjadi. Namun kita berharap apa yang tidak kita ingin kan terjadi," ucap dia.

Selain longsor, kawasan itu juga dilanda banjir tepatnya di sekitaran jembatan panjang, Kecamatan Talamau. Namun secara bertahap, Tri Wahluyo mengaku sudah mulai membersihkan material longsoran.

Sejumlah lokasi yang terkena banjir luapan air sungai di antara lain, Bunuik Kinali, Kampung Baru Ranah Batahan, Limpato Kajai Kecamatan Talamau, Koto Sawah, Lubuk Gobing dan sejumlah daerah lainnya.

[Irfan PS]