Antisipasi Penyakit Tidak Menular, Ini yang Dilakukan Pemkab Pasbar

"Kampanye Germas merupakan salah satu gerakan upaya pemerintah pusat"
Kepala Dinas Kesehatan Pasaman Barat, Haryunidra (Ist)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF -- Atisipasi penyakit tidak menular akibat perubahan pola hidup, Gerakan Masyarakat (Germas) gencar dilakukan Pemerinta Kabupaten Pasaman Barat-Sumbar.

"Kampanye Germas merupakan salah satu gerakan upaya pemerintah pusat," kata Kepala Dinas Kesehatan, Haryunidra saat kampanye Germas di Jorong Paraman Ampalu, Nagari Rabi Jonggor, Kecamatan Gunung Tuleh, Kamis 8 November 2018.

Kata Haryunidra, masyarakat rentan terhadap penyakit tidak menular, seperti hipertensi, stroke dan lainnya. Ini disebabkan, kurangnya dilakukan aktifitas fisik dan lebih banyak menghabiskan waktu di depan televisi.

"Kondisi seperti itu sangat mengkhwatirkan, sehingga perlu upaya nyata dalam menangani persoalan tersebut. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dengan mensosialisasikan pola hidup sehat melalui program Germas kepada masyarakat," ujarnya.

Untuk mengantisipasi berbagai penyakit tidak menular, katanya, dengan cara memenuhi indikator Germas yakni melakukan aktifitas fisik 30 menit setiap harinya, mengkonsumsi buah dan sayur, cek kesehatan secara rutin, menggunakan jamban yang bersih dan sehat serta tidak merokok.

Acara ini turut dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Keagamaan Setda Pasbar, H. Armen, Muspika Kecamatan Gunung Tuleh, segenap unsur Puskesmas se-Kabupaten Pasbar, tokoh masyarakat dan sejumlah pelajar.

[Irfan PS]