Sosok Aisyah, Siswi Kurang Mampu dengan Segudang Prestasi

"Aisyah ini juga siswi yang sabar, tegar dan ikhlas. Dia selalu tampak ceria, meskipun sebenarnya dia seorang yang rapuh"
Aisyah (Riki S/Klikpositif)

KETERBATASAN kehidupan keluarga tidak menyurutkan langkah Aisyah (15), siswi kelas X SMA Semen Padang untuk meraih prestasi dari berbagai bidang. Anak yatim itu tercatat meraih berbagai prestasi di bidang puisi dan dan dakwah.

Aisyah, begitu ia dipanggil. Anak ketiga dari empat bersaudara pasangan Shandra (64) dan Darwan (alm) itu, dikenal sebagai pelajar yang piawai membacakan puisi dan jago berpidato di depan forum.

Bahkan kepiawaian dari remaja berusia 15 tahun yang tinggal di Kompleks Cempago Permai 2, Kelurahan Koto Luar, Kecamatan Pauh, Kota Padang itu, dibuktikannya dengan sederet prestasi yang telah diraihnya.

Di antaranya, Juara I Lomba Pidato Hari Air Tingkat SLTP se-Kota Padang, Juara I Lomba MSQ Pentas PAI Tingkat SLTP se-Kota Padang, dan Harapan I Lomba Puisi Dalam Rangka Bulan Bahasa Tingkat SLTP se-Sumaera Barat.

Namun, pretasi yang paling membagakan bagi remaja kelahiran Solok, 19 September 2003 silam itu, adalah Juara I Lomba Dai Muda Tingkat SLTP se-Sumatera Barat yang digelar pada 2017 lalu.

"Sebenarnya ada beberapa prestasi lainnya yang saya raih. Tapi hanya empat prestasi itu yang paling menonjol bagi saya," kata Aisyah saat ditemui di ruang Bimbingan Konseling SMA Semen Padang, Jumat (9/11/2018).

Saat ini, remaja yang juga dikenal sebagai ustazah itu masih duduk di Kelas X SMA Semen Padang. Di mata teman-teman dan guru, Aisyah dikenal sebagai remaja yang ceria, dan aktif di berbagai organisasi di sekolah.

Tapi siapa sangka, dibalik keceriaan tersebut, Aisyah yang dikenal mudah bergaul dan dekat dengan para gurunya, merupakan seorang remaja yang rapuh dan mengalami sederet kisah pilu yang membuat prihatin atas penderitaan yang dijalaninya bersama keluarganya.

Aisyah saat ini tinggal berdua dengan Ibunya di sebuah rumah kontrakkan di Kompleks Cimpago Permai 2, Blok B2, No 1. Ibu Aisyah merupakan seorang mualaf kelahiran Jakarta ... Baca halaman selanjutnya