Pemkab Pessel Ingin Mandeh Masuk Rute TdS Tahun Depan

Start TdS 2018 Etape 8 di Pessel.
Start TdS 2018 Etape 8 di Pessel. (KLIKPOSITIF)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mengusulkan, pelaksanaan iven Tour de Singkarak (TdS) ke depannya bisa mengakomodir kawasan Mandeh dan beberapa jalur potensi lainnya sebagai rute pengembangan Tour de Singkarak (TdS) dalam meningkatkan promosi wisata di Sumatera Barat.

Bupati Pesisir Selatan, Hendra Joni mengatakan, untuk TdS 2019, pihak mengusulkan para pebalap sepeda Internasional tersebut bisa melewati Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh. Sebab, tahun 2019, sudah bisa dipastikan jalur Mandeh bisa dilalui dan akan menjadi tantangan baru bagi peserta.

"Rutenya nanti, mungkin bisa dari Kambang langsung ke Mandeh, putar lagi ke jalan Nasional dan finisnya di Carocok," sebut Hendrajoni di sela-sela pelepasan Start Etape 8 TdS 2018 di Carocok Painan, Minggu 11 November 2018.

Baca Juga

Selain Mandeh, pihaknya juga memiliki rencana untuk bisa melibatkan provinsi Jambi sebagai daerah tetangga. Sebab, di tahun 2019, daerah yang berbatasan dengan Pesisir Selatan akan dipelebar dan dinilai jika bisa dilibatkan akan membawa dampak baru terhadap kesuksesan TdS, terutama dalam pengembangan pariwisata.

"Mudah-mudahan bisa, kita akan bicara lagi pada pak Menteri Pariwisata sama Gubernur, bekerjasama dengan Gubernur Jambi maupun Kabupaten Kerinci nanti. Mudah-mudahan TdS bisa kita buka luas dan luar biasa ke depannya," terang Hendrajoni.

Sementara itu, Ketua DPRD Pesisir Selatan, Dedi Rahmanto Putra sangat mendukung rencana tersebut. Sebab, sejauh daerah hanya bisa sebagai pelaksana dan belum mendapat dampak signifikan terhadap iven tersebut.

"Saya setuju dengan ide bupati bagaimana menjadikan painan sebagai tempat start dan finis TdS. Dalam artian, sejauh mana komitmen kita memajukan kegiatan tersebut. Jika tidak, maka akan berlalu bersama angin," jelasnya.

Menurutnya, jika rencana dari Bupati Pesisir Selatan tersebut bisa direalisasikan. Maka, hal tersebut akan menjadi rute baru bagi perjalanan TdS dalam menggenjot promosi daerah di Sumatera Barat.

"Biasanya orang pergi pariwisata, ke Padang, Padang Panjang, Bukittinggi, Payakumbuh, Batu Sangkar, lalu balik lagi ke Padang. Nah, dengan dibukanya rute baru ini, pasti akan memiliki nilai jual yang positif untuk Pessel," terangnya.

[Kiki Julnasri Priatama]

Baca Juga

Penulis: Agusmanto

Video Terbaru

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com