Peringati Hari Pahlawan, Pemuda di Pessel Ini Lakukan Hal Mulia di Pantai

Pemuda di Pessel ini ajak anak-anak bersihkan pantai dan tanam pohon ketaping saat Hari Pahlawan.
Pemuda di Pessel ini ajak anak-anak bersihkan pantai dan tanam pohon ketaping saat Hari Pahlawan. (istimewa)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Para pemuda penggiat kelompok sadar wisata (Pokdarwis) dan sejumlah anak-anak di pantai Nagari Sungai Pinang, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan ini memperingati hari Pahlawan 10 November dengan cara berbeda.

Mereka melakukan aksi bersih-bersih pantai dan penanaman bibit pohon ketaping guna menjaga kelestarian pantai terhadap kerusakan, Minggu 11 November 2018.

Ketua Kelompok Anak Desa Sungai Pinang (Andespin), David mengatakan, kegiatan menjaga lingkungan pantai yang dilakukan tersebut merupakan suatu hal yang rutin.

Baca Juga

Bertepatan dalam memperingati hari Pahlawan 10 November, mereka bersama anak-anak nagari berniat untuk melakukan hal yang berguna untuk lingkungan.

"Bagi kami, satu pohon ini satu kehidupan dan bertepatan dengan Hari Pahlawan kemarin, kita lakukan hal bermanfaat dengan bersih-bersih pantai dan penanaman pohon ketaping di sepanjang bibir pantai Sungai Pinang untuk penjaga pantai dari abrasi," sebut David.

Menurut David, pohon yang ditanam memang masih terbatas, namun, hal itu setidaknya bisa memberikan dampak baik terhadap lingkungan pantai walaupun tidak secara keseluruhan.

"Semuanya hanya 15 batang pohon ketaping. Kita berdayakan 14 orang anak dalam kegiatan ini sebagai edukasi untuk mereka agar cinta lingkungan, terutama menanamkan rasa Kepahlawanan mereka," terangnya.

David pun dibantu dibantu kelompok selam dari mahasiswa UNP dengan tujuan yang sama. "Kita dapat bibit itu dari Dinas Kehutanan Provinsi. Alhamdulillah, acara bisa berjalan lancar," tutupnya.

[Kiki Julnasri Priatama]

Editor: Agusmanto