Tour de Singkarak Berikutnya, Bisa Populerkan Ikan Bilih

"“Saya melihat belum ada yang spesifik yang dijual atau yang dipasarkan dalam TdS termasuk tahun ini,” kata Arkadius."
Pebalap melintasi Kampis Univerisitas Negeri Padang  (KLIKPOSITIF/Joni)

PADANG,KLIKPOSITIF – Perhelatan ke-10 tahun Tour de Singkarak (TdS) baru saja usai. Banyak pihak menilai penyelenggaraan tahun ini banyak kekurangan dan tidak memiliki dampak yang signifikan untuk Sumbar secara umum dan daerah khususnya. Pasalnya tidak ada yang ditonjolkan dari iven balap sepeda  berstandar internasional tersebut.

Wakil Ketua DPRD Sumatera Barat Arkadius menilai, selama sepuluh tahun TdS berjalan belum memperlihatkan adanya hal yang spesifik yang ditonjolkan untuk menjual produk daearah. “Saya melihat belum ada yang spesifik yang dijual atau yang dipasarkan dalam TdS termasuk tahun ini,” ungkapnya, Selasa 13 November 2018.

Menurutnya, sesuai dengan nama kegiatan seharusnya melekat dan berpengaruh terhadap Singkarak. Pemerintah sebagai penanggungjawab bisa mengorbitkan produk Danau Singkarak yakni ikan Bilih.

“Jika begitu, penyelamatan ikan endemik tersebut juga lebih serius ditangani, sehingga saat pelaksanaan TdS bisa dijual atau dipasarkan produk UMKM masyarakat danau singkarak tersebut,” katanya.

Akardius mengatakan penyelamatan bilih memang butuh waktu lama, namun tidak tertutup kemungkinan hal itu bisa dilakukan. Dilanjutkanya, daerah lain juga mempersiapkan produk unggulan sesuai dengan khas daerah masing-masing.

“Selain itu TDS tahun ini kurang sosialisasi dan promosi sehingga gesahnya tidak tampak,” ujar Arkadius.

Sebelumya, Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Sumbar James Hellyward mengatakan, memasuki ke 10 kali perhelatan event Tour de Singkarak (TdS),  tidak begitu banyak keikutsertaan pembalap maupun tim dari Sumbar. Seyogyanya sebagai tuan rumah pembalap Sumbar seharusnya menorehkan prestasi yang bagus dalam ajang tahunan tersebut.

Menurut Dekan Fakultas Peternakan Universitas Andalas ini, pemerintah harus ambil bagian dan memberikan dukungan sehingga ... Baca halaman selanjutnya