Perjalanan ke Sulteng Bersama ACT #PaluBangkit#PaluKuat

"Bagaimanapun, hidup harus tetap berlanjut."
(KLIKPOSITIF)

PALU, KLIKPOSITIF - Perjalanan ke Sulawesi Tengah memberikan banyak harapan untuk bangkit dan memulai hidup lagi bagi warga di daerah ini. Warga sudah mulai bangkit dengan kembali beraktivitas seperti biasa. Memang belum di semua titik warga kembali bekerja, namun aktivitas untuk memulai hidup itu sudah mulai terlihat.

"Bagaimanapun, hidup harus tetap berlanjut. Musibah yang terjadi maari jadikan pelajaran dan ambil hikmahnya kedepan. Hidup harus tetap kita lanjutkan dan tidak boleh berlarut-larut dengan kesedihan yang menimpa," ujar salah seorang warga di daerah Ulujadi, Kota Palu.

Dari pantauan di lapangan, warga sudah mulai beraktivitas. Pasar sudah mulai melakukan jual beli. Toko-toko dan apotik juga sudah kembali buka untuk berjualan. Di pinggir-pinggir jalan di pusat Kota Palu, warga juga sudah mulai berjualan buah, seperti buah naga, semangka, dan lainnya.

Salah seorang warga yang berada di pengungsian di daerah Duyu, Asna (54) mengatakan bahwa ia juga sudah mulai menata kembali dagangannya yang berada di Pasar raya Kota Palu. "Belum berjualan seperti biasa, namun telah mulai menata kembali dagangan yang sempat rusak karena gempa. Jadi masih di bersih-bersihkan dahulu," jelasnya.

Ia mengaku masih agak gamang untuk berlama-lama di tokonya karena masih trauma. "Jadi di toko hanya setengah hari. Setelah itu pulang lagi," katanya.

Dalam pantauan di lapangan, spanduk dan baliho-baliho yang ada di Kota Palu selalu mengingatkan bahwa daerah itu kuat dan akan segera bangkit setelah bencana melanda. Semangat itupun sudah terlihat dari kegiatan masyarakat yang ada di daerah itu, baik sekolah, kantor pemerintahan, dll.