Trauma Hiling, Antara Luka dan Hari Depan yang Lebih Baik

Aktivitas Trauma Hiling di daerah Ulujadi Kota Palu
Aktivitas Trauma Hiling di daerah Ulujadi Kota Palu (KLIKPOSITIF)

PALU, KLIKPOSITIF - Langkah saya sempat tertegun dan terhenti sejenak melihat wajah-wajah ceria dan bahagia menyambut kedatangan saya dan tim ACT di Lorong Wentumbuk, Kelurahan Bluri, Kecamatan Ulujadi, Kota Palu. Sore itu, cuaca masih terasa panas, walaupun waktu sudah menunjukkan pukul 16.00 Wita.

Saat itu, anak-anak yang ada di pengungsian itu mulai berkumpul dan membentuk lingkaran. Mereka mengikuti langkah relawan dan mendengarkan instruksi yang disampaikan oleh relawan dari Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) dan ACT.

baca juga: ACT Ajak Masyarakat Saksikan Muhasabah Akbar di Malam Kemenangan

"Adik-adik semuanya duduk dan bentuk lingkaran. Kita akan mulai belajar lagi sore ini. Siapa yang mau belajar?" tanya relawan. Dengan sangat antusias, mereka menjawab dan berkumpul dengan sangat riang.

Dari pantauan di lapangan, mereka mendengar dan mengikuti setiap intruksi yang diberikan oleh relawan. Instruksi yang diberikan tentunya membuat mereka semangat dalam melakukan setiap permainan yang dianjurkan. Mereka tampak senang dan sangat bersahabat dengan relawan yang datang ke lokasi.

baca juga: 240 Mualaf di Kota Padang Terima Bantuan Paket Lebaran

"Bagi yang bisa menjawab pertanyaan, akan kakak kasih hadiah. Siapa yang mau hadiah," kata relawan lagi. Dan bagi siapa yang bisa menjawab pertanyaan yang diajukan, Dengan penuh semangat mereka mengacungkan jari dan mengikuti instruksi atau menjawab pertanyaan dari relawan.

Setelah berhasil menjawab pertanyaan, maka hadiah akan mengalir kepada mereka dan itu membuat mereka senang dan bangga. Hadiah yang diberikan berupa makanan ringan atau perlengkapan sehari-hari, seperti buku, tas, sandal, dll.

baca juga: ACT Padang Berikan Bantuan 10 Ton Beras untuk Warga Terdampak COVID-19 di Padang

Salah seorang warga di lokasi itu mengatakan bahwa ia sangat bersyukur terhadap kegiatan yang dilakukan oleh pihak ACT bersama MRI. "Ini sangat baik sekali dan bermanfaat bagi anak-anak disini dalam menghilangkan rsa takut dan trauma terhadap kejadian yang menimpa daerah kami pada 28 September lalu. Kami sangat bersyukur," ujar ibu tiga anak itu.

Ia mengatakan dengan adanya kegiatan ini bisa membantu dalam masa pemulihan anak-anak terhadap trauma yang dialami. "Kami berharap kegiatan ini berlangsung setiap hari. Melihat mereka tersenyum dan ceria lagi, kami juga ceria dan senang," katanya. (*)

baca juga: ACT Sumbar Salurkan APD untuk Tenaga Medis di Kabupaten Solok

Penulis: Fitria Marlina