Ribuan Unit Kotak Suara dan Ratusan Bilik Suara Sampai di Pasaman

" Jumlah tersebut telah sesuai dengan permintaan dari KPU setempat"
Logistik kotak suara tiba di gudang KPU Pasaman. (istimewa)

PASAMAN, KLIKPOSITIF -- Sebanyak 4.697 unit kotak suara yang akan dipergunakan pada Pemilu 2019 sampai di gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman, Sumbar. Jumlah tersebut telah sesuai dengan permintaan dari KPU setempat.

"Kotak suara tersebut langsung diturunkan dan dimasukkan ke gudang. Kotak suara ini akan kita pergunakan untuk Pemilu 2019 mendatang," kata Ketua KPU Pasaman, Rodi Endermi, Kamis 15 November 2018.

Menurut Rodi, kotak suara tersebut dikirim oleh KPU pusat sesuai permintaan KPU Pasaman. Jumlah TPS di Pasaman sebanyak 913 tersebar di 37 nagari dan 12 kecamatan. "Jumlah kotak sesuai rinciannya yakni satu TPS terdiri dari lima unit kotak suara ditambah pada Panitia Pemilihan Kecamatan sebanyak sebelas unit kotak suara," sebut Rodi.

Kemudian, kotak suara yang telah sampai di gudang akan selalu dikontrol. Jangan jangan sampai terkena air dan basah, walaupun kotak dan bilik suara terbuat dari kertas kedap air. "Ribuan kotak tersebut dibawa menggunakan dua unit truk ekspedisi dan langsung diperiksa kondisinya untuk memastikan semua kotak suara tersebut dalam keadaan baik," jelasnya.

Sejauh ini belum ditemukan kerusakan pada kotak suara dari hasil pemeriksaan sekilas oleh staf KPU Kabupaten Pasaman. Apabila nanti ada kerusakan kotak suara, maka akan diajukan kembali melalui KPU Provinsi Sumbar guna ditindaklanjuti ke KPU pusat.

KPU Kabupaten Pasaman sebelumnya juga menerima tambahan logistik sebanyak 894 unit bilik suara berbahan kardus yang diterima tanggal 31 Oktober 2018 dari KPU RI untuk keperluan Pemilu 2019 mendatang.

Bilik suara tersebut guna memenuhi kekurangan karena bilik suara pada Pemilu sebelumnya masih ada sebanyak 2.758 unit bilik suara dan kini telah disimpan di gudang milik KPU Pasaman.

[Man St Pambangun]