Program Wisata Tepian Batang Agam Antarkan LPM Tanjuang Godang Terbaik di Payakumbuh

Ketua LPM Kelurahan Tanjuang Godang Sungai Pinago saat menerima penghargaan
Ketua LPM Kelurahan Tanjuang Godang Sungai Pinago saat menerima penghargaan (Taufik Hidayat Kampai/KLIKPOSITIF)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Dengan program utama menjadikan tepian sungai Batang Agam sebagai objek wisata untuk mengangkat perekonomian masyarakat sekitar, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Tanjuang Godang Sungai Pinago Kecamatan Payakumbuh Barat berhasil menjadi yang terbaik pada lomba LPM berprestasi tingkat Kota Payakumbuh pada 2018.

Atas keberhasilan programnya tersebut, LPM Tanjuang Godang Sungai Pinago diberi penghargaan oleh Pemerintahan Kota (Pemko) Payakumbuh berupa piagam dan uang pembinaan senilai Rp3.500.00.

Selain LPM Tanjuang Godang Sungai Pinago yang menjadi LPM terbaik, dua LPM lain yang juga mendapat penghargaan terbaik adalah LPM Tigo Kota Dibaruah Kecamatan Payakumbuh Utara sebagai terbaik kedua. Selanjutnya untuk terbaik ketiga diraih LPM Kelurahan Limbukan, Kecamatan Payakumbuh Selatan.

Baca Juga

Ketua LPM Kelurahan Tanjuang Godang Sungai Pinago, Darwisman menerangkan, salah satu program utamanya adalah membantu masyarakat dalam normalisasi Batang Agam untuk objek pariwisata.

"Dengan banyaknya masyarakat yang berkunjung, maka warga sekitar akan mendapat efek perekonomian. Kami mengarahkan masyarakat untuk membuat souvenir. Kami juga menyiapkan home stay bagi masyarakat sekitar," katanya kepada KLIKPOSITIF, Kamis 15 November 2018.

Dijelaskan Darwisman, selain membangun perekonomian, pihaknya bersama masyarakat berperan aktif dalam melakukan pembebasan lahan. "Dana normalisasi Batang Agam ini berasal APBN. Andil kami dalam pembebasan lahan bersama masyarakat," lanjutnya.

Sementara itu, Camat Payakumbuh Barat, Nurdal menyebut, di daerah pemerintahannya, memang ada program khusus untuk organisasi kemasyarakatan

"Pembinaan ini selalu kita laksanakan. Kalau ada kegiatan lomba, maka kami dari camat memberikan fasilitas," ulasnya.

Dia juga berharap, keberhasilan LPM Kelurahan Tanjuang Godang Sungai Pinago menjadi yang terbaik di Kota Payakumbuh akan meningkatkan semangat dan motivasi organisasi lain di daerahnya tersebut.

"Alhamdulillah LPM kami berhasil meraih yang pertama. Dalam mendukung normalisasi dan penataan normalisasi Batang Agam ini dimulai dari perencanaan, musyarawah, dan sosislisasi, baru terakhir masuk ke tahap pembesasan lahan," pungkasnya.

[Taufik Hidayat Kampai]


 
 

Video

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Rezka Delpiera