Sempat Hilang, Lima Kota Ini Kembali Muncul Secara Misterius

"Legenda tertentu juga menyebutkan sekiranya ada beberapa kota yang hilang ditelan gelombang, terkubur tanah dan pasir, hilang ditelan hutan atau bahkan terkubur bersama kemajuan zaman"
Urkesh, salah satu kota yang menghilang dan kembali muncul secara misterius. (Pixabay)

KLIKPOSITIF -- Jauh sebelum manusia modern hidup, tentu ada kehidupan sebelumnya yang bisa saja menghilang secara misterius. Entah karena bencana alam atau bahkan perang. Anehnya, sejarah mencatat setidaknya ada lima kota yang sempat hilang ditelan Bumi dan kembali muncul secara misterius.

Berbicara mengenai kota yang hilang, yang muncul di pikiranmu pasti Atlantis. Kisah Atlantis hingga kini bahkan masih menjadi perdebatan antara ilmuwan. Kisah kota Poseidon ini lalu menjadi misteri tertua dan terbesar di dunia setelah diperkenalkan oleh Plato pada 2.300 tahun silam.

Dalam beberapa catatan sejarah, Atlantis ternyata bukan satu-satunya kota yang raib. Legenda tertentu juga menyebutkan sekiranya ada beberapa kota yang hilang ditelan gelombang, terkubur tanah dan pasir, hilang ditelan hutan atau bahkan terkubur bersama kemajuan zaman.

Pada kasus tertentu, kota yang hilang ini tidak bisa ditemukan lagi. Namun, dalam kasus yang berbeda, ada lima kota yang sempat hilang dan kembali muncul secara misterius. Berikut beberapa di antaranya:

1. Urkesh, Kota Hurria
Urkesh dulunya adalah kota utama dalam peradaban Hurria. Dalam mitologi, kota ini disebutkan sebagai tempat asal dewa primordial. Kota ini dulunya ada pada 4.000 dan 1.300 SM dan menjadi pusat politik dan keagamaan, sekaligus menjadi tempat singgah rute perdagangan utara-selatan antara Anatolia dan kota-kota di Suriah dan Mesopotamia.

Urkesh menjadi ibukota kerajaan dan berkuasa atas dataran tinggi di bagian utara yang sekaligus menjadi penghasil tembaga yang membuat kota menjadi kaya. Setelah tanpa alasan jelas menghilang, pada 1980-an, para ahli arkeologi sukses menemukan Tell Mozan yang menjulang tinggi.

Tidak mendapat perhatian serius, satu dekade kemudian, para peneliti lalu menyadari bahwa Tell Mozan tersebut adalah Urkesh, kota yang hilang.

2. Kerajaan Mistis Wales
Sekitar abad ke-6 berdiri ... Baca halaman selanjutnya