Jelang Olimpiade 2020, Kemampuan Zohri Makin Berkembang, Tapi..

"Zohri menjadi salah satu atlet yang diandalkan Indonesia di ajang Olimpiade Tokyo"
Lalu Muhammad Zohri (Net)

OLAHRAGA, KLIKPOSITIF -- Pelatih Lalu Muhammad Zohri, Eni Nuraeni mengatakan, Zohri saat ini sudah menunjukkan perkembangan yang bagus sesuai dengan usianya.

Zohri menjadi salah satu atlet yang diandalkan Indonesia di ajang Olimpiade Tokyo tahun 2020 mendatang, usai menyabet medali emas di kejuaraan lari internasional di Finlandia beberapa waktu lalu.

Namun di sisi lain, ternyata pelari asal Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat itu masih memiliki kekurangan. Eni menyebut, saat ini Zohri masih harus mengembangkan kemampuan dan memperbaiki diri.

Pasalnya, dalam teknik pertandingan, ia menilai Zohri masih bermasalah di block (start).

"Kekurangan Lalu (Muhammad Zohri) yang paling banyak itu di start (block) nya. Jadi kalau di start sudah bagus, pasti dia bisa lebih baik lagi," katanya dikutip dari Suara.com-jaringan Klikpositif.

Ia melihat hal ini saat Asian Games 2018 lalu, dimana kala itu Zohri meraih medali perak di cabor atletik nomor tim estafet 4x100 meter putra. Saat ini, atlet 18 tahun ini memiliki target untuk lolos kualifikasi Olimpiade.

"Kemarin itu (saat Asian Games 2018) daya tahan dia di fase 20 meter terakhir jelang finis masih terlalu drop, itu yang bakal diperbaiki," sebut Eni.

Hasilnya, lanjut Eni, akan benar-benar terlihat saat Zohri telah matang dari segi mental dan usia.

"Kita tak akan porsir dia, kita pasti bertahap sesuai usia dia. Kita juga tak akan targetkan dia harus bisa menang dan bersaing dengan para pelari senior, biarkan berjalan sesuai usia," ujar Eni.

"Kalau lolos kualifikasi (Olimpade 2020 Tokyo) itu akan kita usahakan. (Tapi) biarkan berjalan alami, tak akan kita porsir dia. Itu bahaya, bisa buat Zohri cedera," jelasnya.(*)