Longsor di Sungai Penuh, Jalan Jambi-Sumbar Tertutup Lumpur

"Ketinggian lumpur yang menimbun badan jalan itu mencapai lutut orang dewasa dan sangat berbahaya untuk dilintasi"
Jalan Sumbar-Jambi di Pessel tertutup longsor (Henragil)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Akses ruas jalan nasional Provinsi Jambi menuju Sumatera Barat tertutup lumpur material longsor semenjak Sabtu 17 November 2018 kemarin. Namun hingga Minggu 18 November 2018 pukul 08.00 WIB, jalan tersebut masih tidak bisa dilalui pengendara roda dua maupun roda empat.

Dari informasi yang didapatkan klikpositif, ketinggian lumpur yang menimbun badan jalan itu mencapai lutut orang dewasa dan sangat berbahaya untuk dilintasi.

Longsoran itu terjadi sekitar pukul 14.30 WIB kemarin di kilometer 68 Sungai Penuh Jambi yang menghubungkan jalan ke Tapan Pessel-Sumbar. Longsor terjadi setelah kawasan itu diguyur hujan lebat.

Henragil (41), salah seorang pengendara asal Pesisir Selatan yang melintasi jalur tersebut mengaku terpaksa berbalik arah kembali dari Sungai Penuh. Sebab, jalur yang dilalui saat itu dipenuhi tanah berlumpur, dan sulit untuk ditempuh.

"Malam tadi terpaksa bermalam di Sungai Penuh. Sebab, jalan itu tidak bisa dilalui, apalagi kendaraan roda empat," sebutnya kepada KLIKPOSITIF.

Dia menjelaskan, jalur yang terhambat tersebut memang rentan terhadap longsor. Sebab, selain jalan sempit jalur tersebut berada di kawasan perbukitan.

"Sebenarnya longsoran yang terjadi saat ini, sisa dari longsoran sebelumnya. Karena Sabtu siang hujan, jadinya longsor terjadi kembali," terangnya.

Meski kondisi lumpur longsoran sudah menghambat badan jalan, pihaknya bersama pengendara lain tidak melihat upaya pembersihan jalan dari Pemerintah Jambi ataupun Sungai Penuh.

Sementara itu, Camat Rahul Tapan, Alamsyah saat dihubungi KLIKPOSITIF belum mengetahui kondisi tersebut. Sebab, jalur Sungai Penuh yang berbatasan dengan Nagari Sako di Rahul Tapan tersebut blank spot atau belum terjangkau jaringan telekomunikasi.

[Kiki Julnasri]