Pasca Longsor, Jalur Lintas Barat Sumatera Belum Bisa Dilalui

"longsor yang terjadi di kawasan tersebut pada Sabtu kemarin, hingga Minggu 18 November 2018 belum juga dibersihkan"
Kondisi jalur Lintas Barat Sumatera yang ditimbun longsor. (istimewa)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Sejumlah kendaraan yang melintas di ruas jalur lintas Barat Sumatera atau Jalan Nasional Provinsi Jambi menuju Sumatera Barat terjebat antrian panjang. Sebab, longsor yang terjadi di kawasan tersebut pada Sabtu kemarin, hingga Minggu 18 November 2018 belum juga dibersihkan.

Jalan Nasional yang tertutup longsor itu terjadi di kilometer 35 Sungai Penuh-Tapan Pesisir Selatan Sumbar. Meski kondisi jalan penuh lumpur dan material longsor serta belum bisa dilalui, sebagian pengendara tetap nekat untuk menerobos. Alhasil, sejumlah kendaraan terjebak dan terpaksa dibantu pengendara lain untuk bisa melintas di jalur tersebut,

Henragil, salah seorang pengendara mengaku kecewa dan meminta perhatian pemerintah setempat serta pihak terkait untuk serius menangani pembersihan sehingga pengendara tidak bermalam di jalan.

"Saya harap hari ini material longsor ini sudah bersih. Tapi, saat saya kembali untuk melaluinya, ternyata masih dengan kondisi yang sama," sebut Henragil pada KLIKPOSITIF.

Menurut Henragil yang merupakan warga Inderapura ini, kondisi jalur tersebut memakan waktu lama untuk menanganinya. Dia sendiri mengakui, untuk bisa melalui jalur tersebut, terpaksa denga kerja ekstra terutama meminggirkan lumpur jalan.

"Kalau roda empat sudah ada yang bisa, itu tadi kami bersama pengendara lain gotong royong bersama. Namun, untuk tangki dan roda berat lainnya masih terjebak, karena lumpur dari longsor belum sepenuh bersih," jelasnya.

[Kiki Julnasri Priatama]