SMA di Payakumbuh Ini Gelar Lomba Tahfidz Berhadiah Umrah untuk Pelajarnya

"Pihaknya mendapat sokongan dana dari donatur dan juga sumbangan guru"
Pelaksanaan lomba tahfidz berhadiah umrah di SMAN 1 Kota Payakumbuh (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat Kampai)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Sebuah Sekolah Menengah Atas (SMA) melakukan cara yang unik untuk memotivasi pelajar dalam meningkatkan hafalan Al-Quran. Sekolah itu adalah SMAN 1 Kota Payakumbuh.

Sekolah tersebut menggelar lomba takfidz dua juz. Kegiatan yang digelar dalam rangka memperingati hari Maulid Nabi Muhammad SAW ini memperebutkan hadiah yang spektakuler yakni berupa dua paket umrah untuk juara kategori putra dan putri.

Guru PAI dan Budi Pekerti SMAN 1 Kota Payakumbuh, Zulkifli menyebut, untuk kegiatan ini pihaknya mendapat sokongan dana dari donatur dan juga sumbangan guru.

"Ini sudah menjadi agenda tahunan dan telah memasuki tahun ke-2. Lombanya memang tingkat SMAN 1 Payakumbuh. Kita komit tetap mengadakan tingkat SMA saja, karena hadiahnya umrah tentunya kita ingin memberangkatkan siswa dari sekolah sendiri," katanya.

Ia menjelaskan, di tahun keduanya ini, sebanyak 68 siswa-siswi dari 33 lokal di SMAN 1 Kota Payakumbuh ikut ambil bagian. Nantinya, dari jumlah tersebut akan dipilih lima terbaik kategori putra dan lima kategori putri. "Untuk juri kita indepneden. Didatangkan dari luar," ujar Zulkifli.

Lebih lanjut, ia menuturkan, bahwa pemberian hadiah paket umrah kepada pemenang putra dan putri bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswanya untuk terus meningkatkan hafalan Al-Aquran.

"Setiap peserta juga diberikan hadiah berupa bingkisan. Di samping memotivasi anak-anak agar mau menghafal Al-Quran. Dengan menghafal Al-Quran juga bisa menjadi jembatan bagi seluruh siswa untuk menuju perguruan tinggi. Di saat orang-orang berpacu melalui jalur SNMPTN, anak-anak ini bisa melalui jalur tahfidz. Karena saat ini banyak Perguruan Tinggu yang memberikan jalur khusus terhadap penghafal Al-Quran," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Payakumbuh, YB Datuak Parmato Alom menyambut positif kegiatan yang dilaksanakan salah satu SMA di Kota Batiah itu.

Namun demikian, ia meminta kepada ... Baca halaman selanjutnya