Jumlah TPS di Sumbar Bertambah 16 Ribu Lebih

"Penambahan itu seiring dengan bertambahnya jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT)"
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Ocky Anugrah Mahesa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Komisioner Pemilihan Umum Sumatera Barat mencatat jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Sumbar bertambah sebanyak 16.669 TPS. Penambahan itu seiring dengan bertambahnya jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT). 

Pada penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan 1 (DTPHP1) TPS berjumlah 16.530, pada penetapan DPTHP2 naik menjadi 16.669 (139 penambahan TPS). Tersebar dibeberapa daerah yakni Kota Padang, Kabupaten Agam, Pasaman Barat danKabupaten Solok.

Anggota KPU Sumbar Nova Indra mengatakan penambahan TPS akan berpengaruh pada penambahan logistik. 

"Konsekuensi dari penambahan jumlah pemilih di Sumbar, dan ini tentunya juga akan berdampak pada penambahan logistik dan yang lainnya," katanya, Selasa 20 November 2018 di Padang. 

Terkait penambahan TPS yang berpengaruh kepada logistik pemilu akan ada penyesuaian dan adendum. "Nanti kan ada adendum," ujar dia.

Ia mengaku, saat ini pihaknya masih menunggu keputusan KPU RI, apakah akan dilakukan penecermatan ulang terhadap DPTHP2 atau tidak.

Namun begitu, ia menghimbau bagi masyarakat yang ingin memberikan masukan maka KPU akan menampung untuk dilakukan perbaikan.

Intinya, kalau memang ada masyarakat yang masih belum terdaftar di DPT maka dapat melaporkan langsung ke KPU dalam jangka waktu 30 hari ke depan.

"Kami berharap partisipasi masyarakat,  untuk terlibat aktif dalam mengecek namanya. Apakah sudah masuk dalam DPT atau belum, agar semua pemilih mendapatkan hak pilihnya di pemiku 2019 nanti," pungkasnya. 

[Joni Abdul Kasir]