Tim Kampanye: Ada 18 Keberhasilan Ekonomi Jokowi

"18 keberhasilan ekonomi Jokowi bisa dikategorikan dalam tiga bagian"
Presiden RI Joko Widodo (net)

KLIKPOSITIF - Selama empat tahun pemerintahan Presiden Jokowi tercatat 18 keberhasilan di bidang ekonomi. “Secara keseluruhan agregat ada 18 keberhasilan dan tentunya lebih banyak tapi ini yg menonjol,” kata Arif Budimanta, juru bicara Tim Kampanye Nasional Jokowi-Amin seusai diskusi bertajuk “Arah Kebijakan Pemerintah Lima Tahun ke Depan” di Surabaya.

Arif yang dikenal sebagai ekonom itu menjelaskan, 18 keberhasilan ekonomi Jokowi bisa dikategorikan dalam tiga bagian. Pertama, stabilitas harga. “Pak Jokowi berhasil menjaga inflasi, jua BBM satu harga. Itu juga karena pembangunan infrastruktur dan kepemimpinan yang kuat,” ujar Arif.

Kedua, dalam bidang kesejahteraan sosial. “Semakin banyak orang bekerja ditunjukkam dari angka pengangguran yang menurun. Kemudian juga kemiskinan yang menurun. Kemudian pendidikan dan kesrhatan yang tercakup dalam human development index juga menunjukkam angka yang membaik,” papar Arif.

Ketiga adalah soal keadilan ekonomi. Menurut Arif, Jokowi telah mewujudkan keadian soalsoal denhan meneruskan membangun indonesia dari pinggiran, KUR dengan hanya tujuh persen, komitmen untuk memberikan pajak terhadap UMKM 0,5 persen yang di pemerintahan sebelumnya belum dikerjakan secara serius.

Masih dalam konteks keadilan sosial, Arif menjelankan Jokowi berani melakukan reformasi agraria, maupun redistribusi aset dan akses. Aset dalam hal ini adalah tanah. Akses juga terkait akses pembiayaan, pendidikan, dan kesehatan.

“Dalam perjalanannya kita perlukan penyempurnaan sehingga ke depan program baik ini diteruskan kemudian juga disempurnakan dan dilengkapi agar lebih tepat sasaran,” pungkas Arif.[Rilis]