Selama Dua Pekan, Satpol PP Padang Amankan 10 Pasang LGBT

"12 titik lokasi penjaringan 10 pasangan LGBT tersebut sebagian besar merupakan tempat umum"
Ilustrasi bendera pelangi yang merupakan perlambangan kelompok LGBT di beberapa negara di dunia (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Satuan Polisi Pamong Paraja Kota Padang telah mengamankan sebanyak 10 pasangan Lesbian, Gay, Bisex, dan Transgender (LGBT) di 12 lokasi berbeda dalam dua pekan terakhir.

Kasatpol PP Padang, Yadrison mengatakan 12 titik lokasi penjaringan 10 pasangan LGBT tersebut sebagian besar merupakan tempat umum seperti cafe, dan taman kota.

"Dari 10 pasang tersebut, 18 orang diantaranya merupakan lesbian dan dua orang gay," katanya pada KLIKPOSITIF, Kamis 22 November 2018.

Ia menjelaskan, sebanyak 20 orang yang memiliki perilaku seksual itu ditangkap karena melakukan tindakan yang tidak senonoh di tempat umum.

Sehingga hal demikian menimbulkan keresahan masyarakat seperti yang tertera dalam Perda Kota Padang nomor 5 tahun 2011 tentang ketertiban umum.

Menurut dia, petugas mudah saja mengenali para LGBT ini. Berdasarkan penangkapan yang dilakukan dalam dua pekan itu, identitas mereka bisa diketahui dari penampilan, gestur dan tingkah laku mereka.

"Setelah kami amankan, seluruhnya langsung kami serahkan kepada Dinas Sosial untuk diberikan pengarahan," sebut Yadrison.

Sejauh ini, pasca penangkapan dilakukan, sebut Yadrison pihaknya tidak menemukan lagi orang-orang yang berperilaku seks demikian di 12 lokasi tersebut.

"Kami sudah tidak menemukan kelompok LGBT lagi di lokasi tersebut, mungkin karena adanya deklarasi (anti-LGBT) beberapa waktu lalu," tandasnya. Ia pun meminta agar masyarakat aktif melaporkan pada petugas jika menemukan hal serupa di lingkungannya.

[Halbert Chaniago]