Unand Dapat Bantuan Hibah Kandang Modern untuk 20 Ribu Ekor Ayam

"Pembangunan kandang modern ini dilakukan setelah melakukan ujicoba satu kali panen"
Seorang petugas sedang memantau perkembangan ayam ternak di kandang modern Universitas Andalas (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Universitas Andalas mendapatkan bantuan kandang modern yang berkapasitas 20 ribu ekor ayam peternak atau ayam potong. Bantuan kandang tersebut diberikan oleh PT Charoen Pokphand Indonesia.

Setelah dibangun, kandang modern ini telah melakukan ujicoba satu kali panen dengan keberhasilan yang cukup baik. Selama 27 hari perawatan hingga panen tingkat kematian hanya 0,95 persen.

Presiden Direktur PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk, Thomas Effendy mengatakan, pemberian bantuan tersebut dilakukan karena Indonesia punya banyak akademisi yang berpotensi dalam mengembangkan ayam broiler sehingga menjadi produk yang bernilai tinggi.

Hanya saja, menurut dia, faktor keterbatasan fasilitas dan teknologi menjadi kendala bagi mereka melakukan penelitian menjadi kendala.

"Kandang modren ini bertujuan untuk memberikan ruang bagi akademisi mengembangkan ilmu pengetahuan soal ayam potong sehingga bernilai ekonomis dan bisa diterapkan ditengah masyarakat," katanya di kampus Unand, Limau Manis, Kota Padang, Kamis 22 November 2018.

Ia menjelaskan, saat ini Indonesia harus punya daya saing tinggi mengembangkan peternakan ayam potong jumlah besar.

Untuk mencapai itu dalam pengembangannya harus ada kemitraan sebagai penjamin bisnis tersebut agar tidak terjadi permainan harga. Sehingga bisnis ayam potong bisa berkembang.

"Kita juga harus punya rumah potong sehingga bisnis ini berjalan dengan baik," ujar dia.

Dia berharap kedepan closed house yang dihibahkan tersebut menjadi tempat pembelajaran sehingga melahirkan produk baru dan penelitian baru.

Sementara Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Tertentu (Ditjen PDTu), Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Aisyah Gamawati menjelaskan, closed house yang ada bisa membantu program Kementerian Desa dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Ia menegaskan, Dana Desa boleh ... Baca halaman selanjutnya