Tiga Daerah di Sumbar Berstatus Tertinggal, Ini Upaya dari Pemprov untuk Mengatasinya

"Tiga daerah itu yakni, Pasaman Barat, Solok Selatan dan Mentawai"
Dermaga di Mentawai. Daerah ini masih berstatus tertinggal. (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengatakan, ada beberapa daerah yang masih berstatus daerah tertinggal. Yakni, Pasaman Barat, Solok Selatan dan Mentawai. Untuk itu, Pemprov Sumbar akan terus mengupayakan tiga daerah itu keluar dari status daerah tertinggal.

"Kita terus memperjuangkan tiga daerah ini sebagai prioritas agar segera keluar dari daerah tertinggal. Dan kita telah beberapa kali mengadakan pertemuan dengan pemerintah pusat terkait tiga daerah ini. Insha Allah secepatnya dari tiga daerah ini, dua akan keluar," ujarnya, Minggu 25 November 2018.

Disebutkannya, dua daerah yang akan secepatnya itu keluar dari status tertinggal yakni, Pasaman Barat dan Solok Selatan, sedangkan Mentawai masih dalam evaluasi. Namun, harapannya ketiganya dapat keluar dari status daerah tertinggal.

"Akan kita upayakan ketiganya. Karena dilihat dari angka nilai sudah cukup bagus," katanya.

Selain itu, kata Nasrul, untuk jalan dari Solok Selatan ke Dharmasraya, Teluk Tapang di Pasaman Barat dan Trans Mentawai juga menjadi prioritas utama ini akan dimatangkan lagi dengan kementerian terkait.

Kemudian, kata Wagub, untuk daerah yang masih belum terjangkau sinyal, pihaknya akan meminta Kominfo untuk mengusulkan kepada Kementerian agar dipasangkan tower sinyal, sebab daerah tertinggal ini merupakan prioritas pembangunan.

"Kebutuhan dasar seperti listrik dan komunikasi agar dipasang segera. Apalagi, untuk daerah tertinggal ini, jadi ini akan saya komunikasikan lagi dengan pemerintah pusat. Jika perlu saya sendiri yang menemui Pak Menteri bahas ini," pungkasnya.

Ia berharap, dengan keluarnya tiga daerah di Sumbar ini dari status tertinggal akan berdampak kepada kesejahteraan masyarakat.

Kesempatan yang sama, Walinagari Lubuk Ulang Aling Tengah, Kabupaten Solok Selatan, Yunidas berharap banyak dengan diprioritaskan daerahnya dalam segi pembangunan dan mengeluarkan dari status ... Baca halaman selanjutnya