Tahun Depan, Gaji Guru Honorer di Payakumbuh Naik, Ini Besarannya

"Jumlah itu disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah"
Ilustrasi (Net)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kota Payakumbuh berencana akan menaikkan insentif atau gaji guru honorer yang ada di daerah itu pada tahun 2019 mendatang.

Keputusan itu diambil mengingat karena minimnya penerimaan guru honorer sebagai CPNS di tahun ini. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Agustion.

Ia mengatakan, untuk tahun 2019 mendatang, gaji guru honorer jadi Rp750 ribu perbulannya dari Rp450 ribu.

"Selama empat tahun terakhir Pemko Payakumbuh memang memberikan insentif bagi guru honorer. Tahun ini besaran honorer Rp450 ribu dan tahun depan kami meningkatkan menjadi Rp750 ribu," katanya.

Terkait penerimaan guru honorer jadi PNS, ia menjelaskan bahwa pihaknya cukup kesulitan memberikan porsi besar bagi guru honorer karena penerimaan CPNS yang terpusat.

"Kita tidak bisa juga mendahului pusat dalam penerimaan CPNS karena memang sistemnya dari pusat. Kami hanya bisa mengajukan formasi yang dibuka oleh pusat. Hal itu tentu berbeda apabila penerimaan diserahkan kepada daerah," sebut dia.

Dengan formasi penerimaan guru honorer yang cukup terbatas itu, Agustion mengakui, dibatasinya usia bagi setiap pelamar CPNS juga menjadi kendala bagi guru honorer di daerah tersebut.

"Jumlah guru honorer di Kota Payakumbuh jumlahnya sekitar 390-an, mulai dari SD dan SLTP. Tapi kebanyakan guru honor itu terkendala umur saat akan mendaftar CPNS. Seperti diketahui untuk honor yang kategori 2 atau non kategori (pelamar umum) maksimal usia adalah 35 tahun," terang Agustion

Seperti diketahui, pada penerimaan CPNS 2018 ini, Pemko Payakumbuh hanya mendapat kuota sebanyak 115 orang. Dari jumlah itu hanya 46 orang yang merupakan tenaga guru dan hanya satu orang saja untuk kategori khusus atau honorer K-2.

Lebih lanjut, Agustion menerangkan, karena kurangnya wewenang pemerintah daerah dalam hal penerimaan CPNS, Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh berusaha menaikkan ... Baca halaman selanjutnya