Penuhi Kebutuhan Teknologi Informasi di Pessel, Kominfo Akan Pasang Alat Ini

"kehadiran jaringan fiber optik milik Pemkab di Kota Painan nantinya akan berdampak terhadap efisiensi kinerja seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Painan yang selama ini masih menyewa jaringan internet kepada swasta."
Kadiskominfo Pessel Junaidi (Ist)

PESSEL, KLIKPOSITIF-- Tahun 2019, Dinas Komunikasi Informatika (Kominfo) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) bakal memasang jaringan fiber optik (FO) mandiri di Kota Painan untuk memenuhi kebutuhan dan penataan teknologi informatika (TI) di daerah.

Kepala Kominfo Pessel, Junaidi menargetkan kegiatan tersebut akan direalisasikan pada tahun 2019 mendatang. Terget biaya untuk pembangunan FO tersebut diperkirakan dengan kisaran Rp1,8 miliar.

"Ini termasuk dalam pembaharuan kita pada tahun 2019. Karena sejauh ini kita masih menyewa bandwidth yang menggunakan FO dari Telkom, dan untuk selanjutnya khusus Kota Painan akan kita bangun FO mandiri," sebut Junaidi pada KLIKPOSITIF di Painan, Selasa 27 November 2018.

Menurutnya, kehadiran jaringan fiber optik milik Pemkab di Kota Painan nantinya akan berdampak terhadap efisiensi kinerja seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Painan yang selama ini masih menyewa jaringan internet kepada swasta.

"Ini akan dapat meringankan biaya bandwidth yang kita keluarkan selama ini. Karena selama ini perbulan kita harus membayar bandwidth ke pihak Telkom Rp250 juta perbulan," terangnya.

Dia berharap, setelah adanya FO mandiri di Kota Painan, secara infrastruktur pelayanan publik untuk seluruh kantor pemerintahan di Kota Painan, bisa berjalan lancar kebutuhan daerah. Karena FO sendiri merupakan salah salah satu infrastruktur dalam penggunaan IT.

"Karena fiber optik ini adalah teknologi yang paling bagus yang ada sekarang, untuk komunikasi data, suara dan video. Seluruh sistem TI Pemkab Pessel akan tersentral di dinas kami," pungkasya. (Kiki Julnasri)