APBN Sawahlunto Tahun 2019 Sah, Ini Besarannya

"Pengesahan dilakukan setelah seluruh fraksi DPRD "
Pengesahan APBD Sawahlunto tahun 2019 (Istimewa)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kota dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sawahlunto telah mensahkan Anggaran Pendapatan dan Belanda Daerah tahun 2019.

Dalam pengesahan tersebut, disepakati anggaran Pendapatan sebesar Rp650 milyar lebih dan Belanja disepakati sebesar Rp689 milyar lebih.

Ketua DPRD Kota Sawahlunto, Adi Ikhtibar mengatakan, pengesahan dilakukan setelah seluruh fraksi DPRD yang melakukan pembahasan antara Organisasi Pemerintah Daerah (OPD).

Ia menyebut seluruh fraksi telah menyatakan menerima Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) untuk disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda).

"Proses selanjutnya adalah meminta persetujuan Gubernur untuk ditetapkan menjadi Perda APBD 2019," katanya setelah sidang Paripurna DPRD Kota Sawahlunto, Selasa 27 November 2018.

"Seluruh Fraksi menyepakatinya menjadi Perda, dengan kompisisi yakni, belanja tidak langsung 47.32%, belanja pegawai 35.32%, belanja langsung 52.67%, dan belanja modal 17.20%," sambungnya kemudian.

Adi melanjutkan, dengan penetapan APBD ini, kegiatan proyek pembangunan bisa dilaksanakan lebih cepat diawal tahun.

"Banyak masyarakat yang bergantung hidup dari proyek pembangunan yang dibiayai APBD, jika bisa diawal tahun tentu akan berimbas pada ekonomi masyarakat dan tentu mutunya bisa lebih dipertanggungjawabkan dibandingkan pelaksanaan proyek dikejar-kejar diakhir tahun," jelas dia.

Diketahui, pada APBD 2018 di­se­pakati Pendapatan Rp613 milyar lebih dan Belanja Daerah Rp661 milyar lebih.

Dengan begitu terjadi kenaikan pada Pendapatan sebesar Rp37 milyar lebih dan pada Belanja sebesar Rp28 milyar lebih.

[Muhamad Haikal]