Bawaslu Kabupaten Solok Ajak Masyarakat Kawal Proses Pemilu 2019

"Perlu kolaborasi yang kuat antara Bawaslu dan masyarakat dalam mengawal pesta demokrasi "
Ketua Bawaslu Kab. Solok, Afri Memori Himbau Masyarakat aktif awasi proses pemilu (Istimewa)

SOLOK, KLIKPOSITIF -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Solok mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berperan aktif dalam mengawal proses Pemilu serentak tahun 2019 mendatang.

"Partisipasi masyarakat dalam pemilu merupakan bentuk pengejawantahan dari kedaulatan rakyat," ungkap Ketua Bawaslu Kabupaten Solok, Afri Memori disela sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019, Rabu (28/11) di D'Relation.

Ia mengatakan, perlu kolaborasi yang kuat antara Bawaslu dan masyarakat dalam mengawal pesta demokrasi yang sudah di depan mata, sehingga tercipta proses pemilu yang berkualitas.

Menurutnya, dengan keterlibatan masyarakat secara aktif mengawal dan mengawasi pesta demokrasi juga akan turut mengikis potensi kecurangan.

"Yang jadi salah satu fokus perhatian kita (Bawaslu) adalah bagaimana membangun kesadaran  politik masyarakat, jadi masyarakat terpanggil untuk aktif mengawasi Pemilu," sebut Pria yang akrab disapa Mori itu.

Berbagai upaya sosialisasi terus dilakukan Bawaslu pada berbagai kalangan masyarakat, komunitas hingga organisasi. Dengan harapan, masyarakat juga semakin paham dengan aturan pemilu sehingga bisa mengetahui terjadinya pelanggaran.

Kalau hanya mengandalkan Bawaslu, maka efektivitas pengawasan akan rendah, apalagi, petugas yang melakukan pengawasan di tingkat kecamatan hingga nagari jumlahnya juga sangat terbatas.

"Pengawas kita di tingkat kecamatan hanya 3 orang dan tingkat nagari 1 orang," tutupnya.

[Syafriadi]