45 Kampus se-Indonesia Ramaikan Kontes Mobil Hemat Energi di UNP

Mobil Hemat Energi peserta KMHE 2018 di UNP
Mobil Hemat Energi peserta KMHE 2018 di UNP (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Kampus Universitas Negeri Padang ( UNP ) mendapatkan kesempatan menjadi tuan rumah Kontes Mobil Hemat Energi 2018 pertama di Sumatera. Sebanyak 71 tim dari 45 kampus se-Indonesia mengikuti kontes ini.

Kontes yang dibagi dalam Kategori Urban dan Kategori Prototipe ini diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

baca juga: Pemko Padang Bahas Perumda untuk Kelola Pasar Raya

Hasil karya anak bangsa yang luar biasa ini terdiri dari berbagai jenis dan bentuk. Pantauan KLIKPOSITIF , desain mobil terbilang unik, ada yang berbentuk lancip seperti roket, mobil sedan dan ada juga yang melonjong.

Warna dan corak juga unik sesuai dengan warna identitas kampus, ada merah, biru dan hitam. Mobil UNP sendiri di cat warna kuning sesuai dengan warna almamater mereka.

baca juga: Pantai Air Manis Kini Dikelola Perusahaan Umum Daerah

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit saat menghadiri kontes tersebut merasa kagum dengan hasil karya mahasiswa Indonesia.

Wagub berharap, karya tersebut bisa menjadi solusi masa depan, sehingga lebih irit penggunaan bahan bakar, karena makin hari jumlah persediaan sumber energi makin terbatas.

baca juga: Perekonomian Kota Padang Merosot Selama Pandemi

"Penghematan bukan hanya untuk nasional saja tapi juga lokal. Kita hargai karya-karya inovator-inovator ini , karena mereka telah bekerja keras membuat inovasi ini," ujarnya.

Dikatakannya, langkah Kemenristek Dikti dalam memotivasi perguruan tinggi ini perlu dilanjutkan secara kontinyu. Sebab kebutuhan hemat energi berlaku untuk semua daerah dan negara di dunia.

baca juga: Pemko Padang Terima Bantuan Alat Penghancur Limbah dari Organisasi Masyarakat Tionghoa

"Kita berharap agar Indonesia terbebas dari masalah energi, dan ada solusi yang baik memenuhi kebutuhan alat tranpostasi yang hemat energi yang dapat bermanfaat untuk seluruh masyarakat Indonesia," harapnya.

[Joni Abdul Kasir]

Penulis: Iwan R