Tak Lulus PNS? Ayo ke BLK Padang

"program keahlian yang ditawarkan BLK Padang melalui sub kejuruaan-sub kejuruanan telah dikaji dengan matang dengan standar"
(Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pemerintah baru saja membuka rekruitmen untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Namun, jumlah pelamar dan formasi sangat timpang.

Namun, jangan khawatir, jika tidak lulus, masih banyak peluang yang bisa diambil. Seperti banyak dikatakan ahli, yang dibutuhkan Indonesia saat ini adalah tenaga terampil untuk menyongsong industri 4.0.

Oleh karena itu, yang mesti dipersiapkan adalah keahlian. Dengan keahlian, akan terbuka banyak pilihan hidup, apakah akan bekerja dengan orang lain atau membuka lapangan kerja sendiri.

Balai Latihan Kerja (BLK) Padang di bawah Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) RI ditugaskan pemerintah untuk menyiapkan keahlian tersebut. Ada banyak keahlian yang ditawarkan sesuai dengan tuntutan industri saat ini.

Kepala BLK Padang, Syamsi Hari, mengatakan, program keahlian yang ditawarkan BLK Padang melalui sub kejuruaan-sub kejuruanan telah dikaji dengan matang dengan standar.

"Standar tersebut menjadi acuan kita sehingga lulusannya mudah diterima bekerja atau membuka usaha sendiri. Sebab, setelah lulus pelatihan, mereka dapat menerima sertifikat kompetensi," ujarnya.

Sertifikat kompetensi ini salah satu yang dibutuhkan industri. Salah satu keuntungannya adalah, dengan standar tersebut, perusahaan tidak perlu lagi melatih karena mereka sudah siap untuk bekerja. "Perusahaan bisa efisiensi untuk rekruitmen di bidang SDM," ujarnya.

Adapun, Program dan Sub Kejuruan yang bisa diikuti adalah:

1. Penyedia Layanan Makanan & Minuman (240 JP)

2. Penyiapan Kamar Untuk Tamu (160 JP)

3. Front Office Receptionist (240 JP)

4. Teknisi Pendingin AC Split (160 JP)

5. Pengelasan SMAW 3G (240 JP)

6. Teknisi Audio Video (200 JP)

7. Teknisi Telpon Seluler (Reparasi Perangkat Lunak) (200 ... Baca halaman selanjutnya