Kapolsek Lubuk Kilangan Diganti, Ini Pesan Kapolresta Padang

"wilayah hukum Polsek Lubuk Kilangan (Luki) tidak hanya memiliki tingkat kerawanan kriminal yang tinggi, namun bencana alam hingga kecelakaan lalulintas"
Sertijab Kapolsek Luki yang dilakukan Kapolresta Padang, Kombes Pol Yulmar Try Himawan. (istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kepala Polisi Resor Kota (Kapolresta) Padang, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Yulmar Try Himawan menyebut, wilayah hukum Polsek Lubuk Kilangan (Luki) tidak hanya memiliki tingkat kerawanan kriminal yang tinggi, namun bencana alam hingga kecelakaan lalulintas.

"Luki itu adalah jalur lintas keluar Sumatera Barat, yakni menuju Solok. Tantangannya, pertama bencana alam. Apabila ada longsor di kawasan Sitinjau, maka akan terjadi kemacetan yang cukup panjang. Jalur yang ekstrim berpotensi terjadinya kecelakaan," ungkap Kombespol Yulmar, Jumat 30 November 2018.

Dari sisi kriminal, jelasnya, sebagai wilayah perbatasan, maka Luki merupakan akses lari bagi pelaku kejahatan menuju luar Kota Padang. Untuk itu, langkah strategis adalah dengan patroli, baik itu oleh personel Polsek Luki sendiri maupun berkoordinasi dengan Polres Solok.

"Jalur perlintasan memungkinkan orang yang melakukan tindak pidana di Kota Padang akan cepat lari ke luar. Untuk patroli, kami juga join dengan Polres Arosuka," sebutnya.

"Di samping dua hal itu, memang wilayah hukum Luki, tingkat kejahatannya tinggi. Apakah itu Curas, Curat, Curanmor, maupun narkoba," tambahnya.

Untuk itu, menurutnya siapapun Kapolsek Luki memikul beban yang cukup berat dalam bertugas. Kapolsek harus memanfaatkan momentum untuk meningkatkan kinerja satuan.

"Bukan di Luki saja sih, tapi dimana pun berdinas, harus bisa celat menyesuaikan diri. Berkarya dan menjaga momentum. Memberikan motivasi pada bawahan, bukan hanya sekedar mengabaikan diri, dan menjadi bahan evaluasi diri," pesannya untuk Kapolsek Luki yang baru.

Kapolsek Luki sendiri saat ini dijabat oleh AKP Sukur Hendri yang menggantikan Kompol Desfami. Jabatan mantan Kasat Lantas Polresta Bukittinggi ini tertuang dalam SK Kapolda Sumbar Nomor:ST/1168/IX/2018.

[Cecep Jambak]