Ini Lokasi yang Ditetapkan Jadi Geopark Nasional di Sumbar

Beberapa lokasi di Sumbar resmi ditetapkan menjadi Geopark Nasional
Beberapa lokasi di Sumbar resmi ditetapkan menjadi Geopark Nasional (ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Beberapa lokasi di Sumbar resmi ditetapkan menjadi Geopark Nasional . Daerah itu yakni Geopark Sawahlunto, Geopark Silokek Sijunjung dan Geopark Ngarai Sianok - Maninjau.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengatakan dengan penetapan lokasi tersebut, pemerintah daerah bisa segera mempersiapkan sarana dan prasarana di masing-masing Geopark.

baca juga: Agam Tuan Rumah GRS 2020, Indra Catri Berharap 3 Kawasan Geopark Dilewati Peserta

"Terutama terutama akes jalan dan sarana lainnya seperti tempat parkir, toilet, rest area, musala, dan tempat penginapan. Sehingga setiap wisatawan yang berkunjung merasa nyaman," ungkap Nasrul Abit, Jumat (30/11).

Penetapan itu juga menjadi penambahan destinasi wisata di Sumbar. Diharapkan bisa mendongkrak kunjungan pariwisata dan pilihan bagi wisatawan.

baca juga: Menpar Dorong Ujung Kulon Jadi Geopark Nasional yang Terdaftar di UNESCO

Sementara, Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Sumbar, Didit P. Santoso yang ikut mendampingi kepada daerah dalam penetapan tersebut mengatakan, penetapan menjadi Geopark Nasional bisa menambah fokus daerah mensejahterakan masyarakat dari sektor pariwisata.

Menurut Didit, diluar negeri seperti di Cina dan Korea geopark bahkan lebih punya nilai ekonomis yang tinggi daripada obyek wisata biasa seperti Theme Park. Sejauh pengelolaan dilakukan dengan benar. "Wisatawan lebih suka alami dari pada buatan," ujarnya saat dihubungi KLIKPOSITIF .

baca juga: Sail to Natuna Promosikan Natuna Sebagai Kawasan Wisata Geopark Nasional

Dengan ditetapkannya sebagai Geopark Nasional . Kedepan, pemerintah daerah bisa mengembangkan kawasan Geopark Nasional dengan mengerahkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait (tidak hanya pariwisata) melakukan pengembangan melalui perencanaan yang bersifat komprehensif.

"Tidak hanya OPD, BUMD, BUMN, Swasta juga bisa menggelontorkan uang mereka kesana. Bagaimana Geopark di Sumbar sukses dan berkembang seperti geopark Ciletuh Kecamatan Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat," ujarnya.

baca juga: Bupati Sijunjung : Geopark Ranah Minang Silokek Akan Banyak Memberi Keuntungan Bagi Sijunjung

[Joni Abdul Kasir]

Penulis: Fitria Marlina