Ketika Pasar Sogo Jongkok Jadi Wisata di Bulgaria

Belanja Sogo Jongkok di Bulgaria.
Belanja Sogo Jongkok di Bulgaria. (net)

KLIKPOSITIF -- Pusat belanja dengan konsep sogo jongkok mungkin sudah sangat familiar di Indonesia. Namun, tradisi belanja jongkok ternyata juga ada di negara lain, yakni Bulgaria .

Dilansir dari GuideKu.com, pasar dengan konsep sogo jongkok ini memang mengharuskan pembelinya untuk membungkuk hingga melipat kaki untuk membeli suatu barang.

baca juga: Negara-negara ASEAN Wajib Siaga dan Antisipasi Gelombang Kedua Covid-19

Jika para pedagang di Indonesia bermodal lapak berupa tenda kecil, belanja jongkok di Bulgaria tetap difasilitasi oleh bangunan unik. Bangunan toko unik ini bisa dengan mudah dijumpai di wilayah Sofia, ibukota Bulgaria .

Tradisi belanja jongkok di Bulgaria dikenal dengan istilah klek shop. Dalam bahasa Bulgaria , klek memang berarti jongkok atau berlutut. 

baca juga: Ruang Isolasi RS Covid-19 Kebakaran, 5 Pasien Jadi Korban

Tradisi belanja jongkok alias klek shop ternyata mulai menjamur sejak 1989 lalu. Awalnya, usaha itu dibuka oleh penduduk yang punya ruang bawah tanah dalam apartemennya.

Klek shop tidak hanya menjual makanan, melainkan juga pakaian dan beragam aksesori lainnya. Si pedagang akan melayani para pembeli lewat jendela ruang bawah tanah. 

baca juga: Ditengah Pendemi Corona, Nasi Padang Laris Manis di Inggris

Tradisi belanja jongkok dinilai sangat unik. Saking unik dan ikoniknya, klek shop jadi favorit para turis saat berkunjung ke Bulgaria .

Mereka bakal menyempatkan diri untuk berfoto dengan latar belakang toko dengan konsep sogo jongkok tersebut. Banyak juga yang tertarik menjajal sensasi belanja jongkok.

Jadi, siapa yang sedang berencana berkunjung ke Bulgaria ? Jangan juga mampir belanja sambil jongkok Sofia, ya! (*)

baca juga: Korban Jiwa Akibat Pandemi Corona di AS Lebih dari 100 Ribu Jiwa

Penulis: Agusmanto