Seluruh Legislator Kota Payakumbuh Kunker, Pengamat: DPRD Harus Terbuka

"Selama ini kunjungan kerja yang dilakukan oleh DPRD tidak memberikan efek signifikan "
Ilustrasi gedung DPRD Payakumbuh (Net)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Kunjungan komisi yang dilakukan seluruh anggota DPRD Kota Payakumbuh ke Jawa Timur dan Jawa Barat mendapat sorotan publik.

Tidak sedikit yang menghubung-hubungkan kunjungan tersebut dengan semakin dekatnya agenda pesta demokrasi, yaitu Pemilu yang akan dilangsungkan pada April 2018 nanti.

Pengamat kebijakan publik dari Unand, Asrialdi menilai, anggapan demikian pun wajar, sebab selama ini kunjungan kerja yang dilakukan oleh DPRD tidak memberikan efek signifikan terhadap pembangunan daerah setempat.

Ia menyebutkan, harusnya DPRD selaku lembaga legislatif harus terbuka demi menepis anggapan miring yang timbul di tengah masyarakat.

Keterbukaan itu perlu dilakukan dan akan lengkap jika DPRD mau merinci kegiatan yang dilakukan selama kunker, jumlah anggota yang berangkat, anggaran yang dihabiskan dan efeknya terhadap daerah.

"Selama ini publik menjadi bertanya-tanya karena tidak ada keterbukaan terkait hasil kunjungan yang dilakukan tersebut. Karena itu, setelah kunjungan mereka harus melaporkan hasil kunker tersebut, hal itu bisa dilakukan melalui media masa," katanya pada KLIKPOSITIF.

Menurut Asrinaldi, jika hal itu dilakukan maka tidak akan ada lagi masyarakat yang bertanya-tanya ataupun memberikan tanggapan miring.

Ia menambahkan, kunjungan kerja ke luar daerah yang dilakukan oleh DPRD tidak salah, karena memang hal itu telah diatur. Namun ugensinya juga perlu diperhatikan.

Baca Juga: Seluruh Komisi DPRD Kota Payakumbuh Lakukan Kunjungan Komisi ke Jabar dan Jatim

"Yang perlu digaris bawahi, kunjungan kerja itu tidak tidak ada larangannya sepanjang memperhatikan urgensinya dan juga kondisi keungan daerah setempat," tutur dia.

Sebelumnya diberitakan seluruh anggota DPRD Kota Payakumbuh yang ... Baca halaman selanjutnya