Ditangkap Polisi, Maling di Padang Ini Mengaku Telah Beraksi Semenjak 2017

"Sempat terjadi kejar-kejaran sebelum maling berhasil diringkus"
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Haswandi)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Seorang pelaku maling dibekuk tim Satreskrim Poltlresta Padang saat berada di dalam sebuah angkot di Jalan Kampung Jua, Kelurahan Kampung Jua nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung, Padang pada Selasa 4 Desember 2018 sekitar pukul 15.00 WIB.

Tersangka yang diketahui bernama Rino Ramadhan (19) itu sudah lama menjadi Target Operasi (TO) tim Opsnal Reskrim Polresta Padang.

"Kami mendapatkan informasi dari masyarakat terkait keberadaan tersangka yang sudah lama kami cari itu," ujar Kanit Opsnal Reskrim Polresta Padang, Ipda Denny, Rabu 5 Desember 2018.

Menurutnya, saat mendapatkan informasi tersebut, pihaknya langsung melakukan pengintaian dan mendapatkan tersangka sedang berada di dalam angkot.

"Ketika akan kami amankan, tersangka sempat melarikan diri dan terjadi aksi kejar-kejaran," lanjutnya.

Hanya berjarak kurang lebih 200 meter, tersangka berhasil diamankan dan langsung digiring ke Mapolresta Padang untuk diinterogasi.

"Saat kami lakukan interogasi, tersangka mengaku ia telah melakukan tindak kejahatan pencurian sebanyak sembilan kali," sambungnya.

Menurutnya, tersangka mengaku melakukan tindakan kejahatan pencurian tersebut sejak tahun 2017 lalu.

"Dari pengakuannya, ia melakukan pencurian mulai dari kupak rumah hingga penjambretan. Menurut pengakuannya, ada tiga sepeda motor yang ia curi di daerah Kampung Jua dan Kelurahan Beringin. Seluruhnya telah ia jual kepada orang yang sedang kami cari," lanjutnya.

Denny mengatakan, beberapa lokasi tempat tersangka beraksi berada di daerah Kecamatan Padang Barat, Kecamatan Lubuk Begalung dan Kecamatan Lubuk Kilangan.

"Tersangka diancam pasal 363 Jo 362 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara," tutupnya.

[Halbert Caniago]