Puluhan Ruko di Pasar Tabing Padang Hangus Dilahap Api

"Kebakaran ini terjadi ketika warga yang ada di sekitaran lokasi sedang tertidur"
Seorang warga sedang melihat kondisi ruko yang terbakar di komplek Pasar Tabing, Kota Padang dinihari tadi (KLIKPOSITIF/Ocky Anugrah Mahesa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Puluhan bangunan rumah dan toko (ruko) di komplek Pasar Tabing, Kota Padang hangus dilahap Si Jago Merah, Kamis 6 Desember 2018 dinihari sekitar pukul 03:45 WIB.

Kebakaran ini terjadi ketika warga yang ada di sekitaran lokasi sedang tertidur, sehingga berdasarkan penelusuran, tidak ada warga yang mengetahui kronologis kejadian ini.

Namun Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Padang menduga bahwa kebakaran terjadi akibat arus pendek dari salah satu ruko yang kemudian menjalar ke ruko yang lain.

"Kami menduga kejadian ini akibat arus pendek. Setidaknya ada 20 ruko yang hangus terbakar," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, Hendrizal Azhar pada KLIKPOSITIF.

Saat ini di lokasi, puluhan ruko tersebut sudah dipasangi garis polisi. Tampak di beberapa bagian, masih ada material ruko yang mengeluarkan asap.

Namun para pemilik toko tampak tidak bisa berbuat apa-apa. Beberapa dari mereka hanya bisa mengais sisa-sisa barang dagangan yang tidak begitu rusak.

Menurut warga, Samsinar, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 06:30 WIB. Ia menyebutkan, puluhan ruko yang terbakar itu merupakan pusat penjualan barang-barang harian dan makanan ternak.

"Bisa dikatakan bahwa ruko-ruko ini menjual barang-barang yang mudah terbakar. Sehingga pagi tadi, api menyebar dengan cepat," sebut dia.

Di sisi lain, Hendrizal menambahkan, untuk membantu pemadaman, pihaknya menurunkan sebanyak 10 unit pemadam, "Kami kerahkan 10 unit, untuk kerugian saat ini masih dihitung oleh pihak terkait," ujar dia.

Saat ini, kebakaran cukup menyita perhatian warga yang melintas di lokasi. Tidak sedikit warga yang sedang berkendara berhenti dan melihat kondisi toko yang sudah hangus.

Sementara, untuk puing-puing ruko masih dibiarkan terbengkalai di pinggiran jalan pasar.(*)