Tempuh Perjalanan 2.810 Km, Mobil Listrik Buatan Indonesia Sampai di Padang

"Perjalanan ini dilakukan untuk mengenalkan Blits ke dunia"
Mobil Blits sampai di Padang (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Mobil listrik buatan Indonesia hasil kerjasama Universitas Budi Luhur dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya telah sampai di Padang setelah menempuh perjalanan sejauh 2.810 kilometer.

Mobil yang didesain dengan konsep Rally Dakar ini sudah menyinggahi empat kota besar yakni Surabaya, Jakarta, Bengkulu, Palembang sebelum akkhirnya sampai di ibukota Provinsi Sumatera Barat itu.

Mobil tersebut diberi nama Blits, Ketua BPH Yayasan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro mengatakan, perjalanan ini dilakukan untuk mengenalkan Blits ke dunia.

Ia menargetkan, setelah melakukan perjalanan ini Blits bisa mengikuti ajang Rally Dakar. "Harapannya Blits bisa mengikuti Rally Dakar dengan spesifikasi canggih dan ketahanan yang mumpuni," katanya.

Perjalanan Blits tidak hanya sampai di Padang saja, menurut dia, mobil itu akan menempuh perjalanan keliling Indonesia dengan panjang perjalanan sejauh 15.000 kilometer.

Projek Leader Blits, Yoga Uta Nugraha, menambahkan, sejauh ini, perjalanan mobil karya mahasiswa Universitas Budi Luhur dan ITS ini berjalan lancar.

Ia mengungkapkan, perjalanan dari daerah paling Selatan di Sumatera hingga ke Padang dihadapkan dengan banyak rintangan. Rintangan yang ia maksud adalah kondisi jalan yang beragam.

"Jalur Sumatera di dominasi oleh tanjakan dan turunan yang menjadi tantangan mobil listrik Blits, khususnya di daya tahan baterai dan tenaga mobil saat menghadapi tanjakan terjal," jelas dia.

Selama menempuh kondisi jalan yang demikian, Yoga menyebut bahwa komponen dari mobil listrik ini berfungsi yang dengan baik.

"Blits tidak mengalami masalah berarti baik dari baterai ataupun perangkat mobil listrik lainnya. Dengan ini, kami lebih mengerti karakter Blits dan banyak mendapat data untuk peningkatan kemampuan mobil listrik ini," kata Yoga.

Sementara untuk pengisian baterai, proses isi ulang dilakukan di setiap Rayon PLN ... Baca halaman selanjutnya