Sumbar Minim Insinyur, Wagub 'Mengadu' ke Wapres

Wagub Sumbar Nasrul Abit
Wagub Sumbar Nasrul Abit (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menyampaikan kepada Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla dan para peserta kongres Persatuan Insinyur Indonesia (PII) ke XXI di Padang, bahwa di Sumbar masih sangat kekurangan tenaga insinyur.

Menurutnya, hanya ada 50 orang insinyur yang terbagi di dua organisasi perangkat daerah (OPD), yakni Dinas Pekerjaan Umum dan Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA).

baca juga: Wapres Ma'ruf: Pandemi Covid-19 Bisa Jadi Peluang Ekonomi Syariah

"Dari Kekurangan ini kami tentunya berharap pemerintah pusat,agar dalam penerimaan pegawai menambah kuota bagi tenaga insiyur untuk Sumbar ," harapnya saat memberikan sambutan dalam kongres PII di Hotel Inna Muara Padang, Kamis 6 Desember 2018.

Wagub mengatakan, kebutuhan yang mendesak dari insinyur tentunya rekayasa teknik bernilai guna tinggi dalam kebencanan dan pariwisata. Sebab, Sumbar merupakan daerah rawan bencana, namun potensi pariwisata juga tinggi.

baca juga: Lima Rumah Warga dan Satu Musala Rusak Dihantam Longsor di Batipuh Selatan Tanah Datar

"Kami tentunya sangat butuh hasil karya insinyur, apakah itu solusi dari gempa berupa bangunan ataupun bangunan yang bagus untuk pariwisata," katanya.

Dalam kesempatan itu Wagub juga promosi supaya para peserta kongres bisa menikmati keindahan serta kuliner Sumbar .

baca juga: Pasien Sembuh COVID di Pessel Bertambah Dua Orang, Total Jadi 15 Orang

[Joni Abdul Kasir]

Penulis: Iwan R