Gelar Payakumbuh Run, Pemko Kucurkan Rp250 Juta

"Hingga Kamis sore telah ada 6 peserta internasional yang mendaftar secara online"
EO Payakumbuh Run memaparkan kegiatan yang akan digelar dalam rangka HUT ke-48 Kota Payakumbuh (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat Kampai)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Pemko Payakumbuh akan menggelar Payakumbuh Run pada Minggu 9 Desember 2018 mendatang. Kegiatan sport tourism yang digelar dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota Payakumbuh yang ke-48 itu berhadiah total Rp148 juta.

Kepala Disparpora Kota Payakumbuh, Elfriza Zaharman menyebut, untuk menggelar kegiatan ini, pihaknya menghabiskan total anggaran sebesar Rp250 juta yang berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2018. Selain itu juga ada sponsor dari pihak lain, berupa baliho dan spanduk.

"Karena ini baru pertama kali digelar makanya kita menggunakan APBD, targetnya tahun depan kegiatan ini bisa didanai oleh Kemenpora. Karena memang potensinya cukup besar," katanya, Kamis 6 Desember 2018.

Sementara itu, Event Organizer Payakumbuh Run, Andi menyebut, sampai Kamis (6/12) sore sudah ada enam pelari internasional yang melakukan pendaftaran secara online. "Dari yang mendaftar enam orang luar negeri kita belum bisa pastikan apakah mereka akan ikut atau tidak. Hal itu baru dipastikan sehari sebelum hari H," terangnya.

Untuk Payakumbuh Run ini, Andi menerangkan, pada Payakumbuh Run kali akan ada dua nomor yang diperlombakan, yaitu jarak 10 kilometer dan 5 kilometer.

"Untuk yang 10 K kami targetkan peserta sebanyak 350 orang dan untuk 5 K sebanyak 650 orang. Sampai hari ini sudah 913 yang mendaftar dan kami yakin jumlah peserta nanti bisa menembus 1.200 peserta," katanya.

Untuk rute yang nantinya akan dilewati peserta adalah start di Ngalau Indah dan kemudian menuju arah pusat Kota Payakumbuh kemudian putar kembali ke arah Ngalau Indah dengan melewati jalur yang sama.

"Dari sini kami harapkan akan ada dampak ekonomi kepada masyarakat dan juga pariwisata Sumbar," pungkasnya.

[Taufik Hidayat Kampai]