Buron 4,5 Tahun, Dua Pelaku Curas di Agam Berhasil Dibekuk

"Kedua tersangka, Evi Candra (41) dan Haliman Mandra (46) di dua lokasi berbeda. "
Dua tersangka curas diamankan Satreskrim Polres Agam (Ist)

AGAM, KLIKPOSITIF -- Pelaku pencurian dengan kekerasan (curas) yang telah menjadi daftar perncarian orang (DPO) selama 4,5 tahun akhirnya berhasil dibekuk oleh petugas dari Unit Reskrim Polres Agam dan Polsek Tanjung Raya, Kamis 6 Desember 2018.

Kedua tersangka, Evi Candra (41) dan Haliman Mandra (46) di dua lokasi berbeda. Evi Candra ditangkap di sebuah rumah Kampung Tangah Balai Selasa, Kecamatan Lubuk Basung. Sedangkan Haliman Mandra ditangkap di Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Tanjung Raya.

"Penangkapan tersangka sesuai dengan Laporan Polisi No: LP/48/V/K/2014/Sektor Tj Raya tanggal 16 Mei 2014," kata Kasat Reskrim Iptu M Reza.

Kasat menjelaskan, dua pelaku yang ditangkap melancarkan aksinya dibantu dua teman lainnya yang saat ini masih buron. Saat beraksi, pelaku mengetok pintu rumah korban, Amrizal (47) warga Muko-muko, Kecamatan Tanjung Raya. Setelah pintu dibuka pelaku masuk dan menodongkan senjata tajam, serta mengikat kaki dan tangan korban.

"Pelaku memaksa dan menyiksa korban agar memberitahu tempat menyimpan uang. Pelaku berhasil membawa uang sebesar Rp 80 juta beserta 3 handphone," kata Kasat menceritakan kronologis kejadian empat tahun silam.

Setelah melancarkan aksinya, keempat pelaku melarikan diri sampai akhirnya keberadaan dua diantaranya tercium oleh polisi.

"Personil gabungan Opsnal Reskrim Polres Agam dan Unit Reskrim Polsek Tanjung Raya dipimpin langsung oleh Kapolsek Tanjung Raya Iptu Darman melakukan lidik dan mendapatkan informasi bahwa pelaku pencurian dengan kekerasan termonitor ada di wilayah hukum Polres Agam," katanya.