Pengamat: Regulasi Menjadi Persoalan Pemilu

"Mulai dari aturan yang tidak jelas, hingga aturan yang multi tafsir, inilah yang terus menjadi persoalan"
Pemilu 2019 (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pengamat Politik dari Universitas Andalas  (Unand) Khairul Fahmi menilai, dari evaluasi setiap Pemilu, regulasi selalu menjadi persoalan utama.

"Ada satu catatan penting yang ditekankan bahwa masalah prinsip dalam pemilu adalah masalah aturan. Mulai dari aturan yang tidak jelas, hingga aturan yang multi tafsir, inilah yang terus menjadi persoalan," ungkapnya Kamis 6 Desember 2018.

Menurutnya, beberapa persoalan aturan diantaranya, Undang-undang Pemilu, dan PKPU. Termasuk juga, dengan keberanian penyelenggara, mempertahankan keyakinan terhadap intervensi dari berbagai pihak.

"Saya sudah ikut evaluasi pemilu dalam tiga kali periode pemilu terakhir, persoalannya selalu berada di aturan. Sehingga, ketika aturan bermasalah, itulah yang menyebabkan penyelenggara level bawah kebingungan ataupun muncul bentrok atau masalah dalam pelaksanaannya," ungkapnya.

Diterangkannya, ada empat tahapan pemilu yang menjadi catatan evaluasi. Pertama pemutakhiran DPT, syarat memilih, verifikasi peserta pemilu, dan syarat anggota DPR dan DPRD.

[Cecep Jambak]