Microsoft Adopsi Prinsip-prinsip Etika Halangi Penyalahgunaan Teknologi Deteksi Wajah

Ilustrasi
Ilustrasi (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Microsoft Corp mengumumkan prinsip-prinsip etika untuk penggunaan teknologi pengenalan wajah. Perusahaan itu juga mengatakan bahwa pihaknya melarang teknologi tersebut digunakan terlibat dalam diskriminasi yang melanggar hukum.

Dilansir dari laman reuters, Presiden Microsoft Brad Smith mendorong urgensi dalam mengatur teknologi pengenalan wajah.

“Kami percaya penting bagi pemerintah di 2019 untuk mulai mengadopsi undang-undang mengatur teknologi ini. Pengenal wajah jin, sehingga untuk berbicara, baru saja muncul dari botol, ”katanya dalam posting blog perusahaan itu, Kamis (6/12).

Baca Juga

Mengidentifikasi wajah telah menjadi fitur umum dalam produk konsumen termasuk iPhone Apple Inc, dengan Amazon.com Inc dan Google Alphabet Inc menawarkan layanan pengenalan juga. Namun banyak pertanyaan yang diajukan tentang penggunaan teknologi tersebut.

Kelompok-kelompok kebebasan sipil AS pada bulan Mei menyerukan Amazon berhenti menawarkan layanan pengenalan wajah kepada pemerintah. Hal ini karena perangkat lunak dapat digunakan untuk menargetkan imigran.

Microsoft mengatakan akan mendokumentasikan dan mengkomunikasikan kemampuan teknologi, serta melarang penggunaan teknologi pengenalan wajah untuk terlibat dalam diskriminasi yang melanggar hukum. Prinsip-prinsip lain yang tercantum adalah keadilan, akuntabilitas, pemberitahuan dan persetujuan, dan pengawasan yang sah.

Penulis: Fitria Marlina