Natal dan Tahun Baru, Polda Sumbar Fokuskan Pengamanan di Gereja Ini

"Tidak semua rumah ibadah (gereja) dijaga oleh aparat kepolisian"
Ilustrasi pengamanan di gereja (Antara)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kepolisian Daerah Sumatera Barat akan menggelar operasi lilin menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru 2019. Operasi pengamanan ini rencananya akan melibatkan personel Brigadir Mobil (Brimob).

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sumbar, Kombes Pol Syamsi. Ia mengatakan, keterlibatan Brimob sama dengan operasi lilin di tahun-tahun sebelumnya.

Untuk lokasi pengamanan sendiri, ia menyebutkan, tidak semua rumah ibadah (gereja) dijaga oleh aparat kepolisian.

Menurutnya, pengamanan tertumpu di gereja yang memiliki jemaat yang ramai. "Ada puluhan gereja, namun yang lebih difokuskan pada gereja dengan jamaat yang ramai. Kalau di daerah-daerah yang tidak ada rumah ibadahnya, pengamanan biasanya pada rumah warga yang dijadikan rumah ibadah," katanya.

Dalam pelaksanaannya, pihak kepolisian akan melakukan proses steriliasi terlebih dahulu di rumah ibadah tersebut sebelum prosesi Natal berlangsung.

Kendati begitu, Syamsi belum bisa memastikan jumlah personel yang akan dikerahkan selama Operasi Lilin.

"Rencana kegiatan sedang disusun, berapa personel Polri yang dilibatkan belum diketahui. Polri siap mengamankan dan menjaga kondisi kamtibmas di Sumbar," pungkasnya kemudian.

[Cecep Jambak]