Pessel Masuk 10 Besar Daerah Rawan Konflik Pelanggaran Pemilu

"Bawaslu akan melakukan langkah pencegahan, diantaranya dengan menggencarkan sosialisasi"
Rapat Koordinasi Pengembangan Pengawasan Partisipatif pemilu tahun 2019 di Painan (Istimewa)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Badan Pengawas Pemilu (Baswaslu) Kabupaten Pesisir Selatan mengungkapkan, Pesisir Selatan masuk dalam 10 besar daerah rawan konflik pelanggaran Pemilu dari 19 kabupaten/kota di Sumatera Barat.

Ketua Bawaslu Pesisir Selatan, Erman Wadison menyebutkan, hasil tersebut diketahui berdasarkan kajian Bawaslu melalui indeks kerawanan Kabupaten Pesisir Selatan yang mencapai skor 60 dengan kategori sedang.

"Yang rendah dengan skor 49. Dan yang tinggi mencapai skor 80," sebutnya saat mengadakan Rapat Koordinasi Pengembangan Pengawasan Partisipatif pemilu tahun 2019 di Painan Pessel, Jumat 7 Desember 2018.

Dia menjelaskan, dengan terlihat indeks kerawanan pelanggaran Pemilu di Pessel, pihaknya akan melakukan langkah pencegahan, diantaranya dengan menggencarkan sosialisasi.

"Tidak tertutup kemungkinan Pesisir Selatan bisa mencapai skor 80 atau dengan kerawanan tinggi. Ini tergantung bagaimana kita bisa mengemas persoalan nanti," jelasnya.

Menurutnya, selain dari gencarnya sosialisasi, pihaknya bakal mencari formula yang tepat guna meminimalisir persoalan atau sengketa yang bakal terjadi.

"Diantaranya dengan melakukan pemetaan potensi kerwanan melalui IKP. Kemudian memantau trend pelanggaran yang sering terjadi pada Pemilu sebelumnya," tutupnya.

[Kiki Julnasri]