Awasi Pemilu 2019, Bawaslu Pessel akan Bentuk Kelompok Gempar Rakyat

"Pessel masuk dalam 10 besar daerah rawan konflik pelanggaran Pemilu di Sumbar"
Rapat Koordinasi Pengembangan Pengawasan Partisipatif pemilu tahun 2019 di Painan (Istimewa)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat bakal membentuk kelompok Gerakan Masyarakat Partispatif (Gempar) Rakyat dalam mengawasi Pemilu 2019 yang damai dan tertib.

Ketua Bawaslu Pesisir Selatan, Erman Wadison mengatakan, Gerakan Masyarakat Partispatif atau Gempar Rakyat ini akan segera dilaunching di Pesisir Selatan. Salah satunya, untuk mendorong keterlibatan masyarakat secara aktif dalam mengawasi Pemilu.

“Kita menyadari bahwa Pemilu serentak saat ini merupakan tantangan yang sangat berat. Semoga dengan Gempar ini bisa kita atasi secara bersama demi mewujudkan Pemilu yang berkualitas," sebut Erman Wadison pada KLIKPOSITIF.

Menurutnya, dalam tahapan Pemilu 2019 saat ini Pesisir Selatan masuk dalam 10 besar daerah rawan konflik pelanggaran Pemilu dari 19 kabupaten/kota di Sumatera Barat.

Kata, Erman Wadison hasil tersebut diketahui berdasarkan kajian Bawaslu melalui indeks kerawanan Kabupaten Pesisir Selatan yang mencapai skor 60 dengan kategori sedang.

“Semoga melalui Gempar Rakyat nanti, pengawasan terhadap Pemilu 2019 bisa ditingkatkan. Karena pengawasan sudah kita lakukan bersama masyarakat juga," terangnya.

[Kiki Julnasri Priatama]