ACT Sumbar: Rohingya Butuh Kepedulian Kita Bersama

"Kita merasa bahwa aksi kepedulian terhadap etnis Rohingya ini patut untuk dilakukan, karena seperti yang kita ketahui bersama bahwa Kemerdekaan adalah Hak Segala Bangsa"
Masyarakat menunjukkan kepeduliannya pada etnis Rohingya pada kegiatan Aksi Peduli ACT di Gor Haji Agus Salim pada Minggu (9/12) (ACT)

PADANG, KLIKPOSITIF - Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumbar mengadakan aksi peduli terhadap etnis Rohingya atas tragedi genosida yang mereka alami di Myanmar. Aksi kepedulian itu dilakukan dengan kegiatan penggalangan dana dan penandatanganan atas penyataan sikap masyarakat Sumbar yang menolak kekejaman yang dialami oleh etnis Rohingya di GOR Haji Agus Salim pada Minggu (9/12).

Aksi sosial itu dimulai sejak pagi pukul 06.30 WIB dengan menyasar masyarakat yang melakukan aktivitas di GOR Haji Agus Salim pada saat Car Free Day (CFD) bersama anggota keluarga maupun teman-temannya. Pada kesempatan itu, relawan ACT yang juga merupakan anggota Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) itu berkeliling di sekitar lokasi GOR dengan membawa kotak untuk penggalangan dana, serta ada juga yang stay di suatu lokasi untuk masyarakat yang ingin menandatangani pernyataan sikap dan kepedulian terhadap etnis Rohingya.

"Kita merasa bahwa aksi kepedulian terhadap etnis Rohingya ini patut untuk dilakukan, karena seperti yang kita ketahui bersama bahwa Kemerdekaan adalah Hak Segala Bangsa. Selain itu, Etnis Rohingya adalah saudara kita juga sebagai sesama muslim maupun sesama manusia yang berhak untuk mendapat kedamaian dalam menjalani hidup sama seperti kita," ujar Kordinator Lapangan pada aksi tersebut, Amelia Putri pada KLIKPOSITIF.

Ia mengungkapkan, aksi sosial untuk Etnis Rohingya tersebut menerima bantuan berupa uang tunai dari masyarakat sekitar yang dikumpulkan dengan 16 Kotak penggalangan dana. Nantinya, lanjutnya, bantuan yang diberikan oleh masyarakat tersebut akan diberikan kepada Etnis Rohingya yang bahkan menurut informasi telah ada yang sampai di Aceh untuk menyelamatkan diri.

Di sisi lain, selain menerima bantuan tunai berupa uang dari masyarakat sekitar pada kesempatan tersebut, relawan ACT juga melakukan penjualan baju layak pakai kepada masyarakat yang lalu-lalang. Uang dari hasil penjualan pakaian layak pakai itu akan ... Baca halaman selanjutnya