Tahun Ini, Kejagung RI Selamatkan Rp522 Miliar Uang Negara

"Jumlah uang itu diperoleh dari penyelidikan sebanyak 1.251 perkara, penyidikan 792 perkara, penuntutan 1.481 perkara"
Ilustrasi (Net)

BATUSANGKAR, KLIKPOSITIF -- Kejaksaan Agung RI menyelamatkan uang negara sebesar Rp522,452 miliar sepajang tahun 2018, tepatnya dari bulan Januari hingga November. Uang tersebut diperoleh dari penyelesaian kasus korupsi.

"Keberhasilan pemberantasan korupsi dalam memberikan hasil maksimal, terletak pada konsistensi dan kesungguhan kita dalam melakukan upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi secara berkesinambungan dalam jangka waktu panjang," kata Jaksa Agung M. Prasetyo dalam sambutannya yang dibacakan Kasie Pidana Khusus Kejari Tanah Datar, Rifqi Ari Alfa.

Ia menjelaskan, jumlah uang itu diperoleh dari penyelidikan sebanyak 1.251 perkara, penyidikan 792 perkara, penuntutan 1.481 perkara.

Dari jumlah itu, 792 perkara diantaranya, sebut dia merupakan hasil penyidikan Kejaksaan dan 689 perkara berasal dari penyidikan Polri, Eksekusi pidana badan sebanyak 972 terpidana.

Dengan tingginya pencapaian tersebut, ia meminta agar aparat penegak hukum di lingkup Korps Adhyaksa bisa melakukan kontemplasi, introspeksi, dan evaluasi guna mendorong perbaikan dan penyempurnaan kualitas kinerja institusi.

Pernyataan Kejagung tersebut disampaikan oleh Rifqi dalam peringkatan Hari Anti Korupsi Internasional tahun 2018 yang berlangsung di Pagaruyung, Senin 10 Desember 2018.

"Semoga kedepan, kita semua bisa meningkatkan kinerja dan membebaskan negara dari praktek korupsi," pungkasnya kemudian.

[Irfan Taufik]