Kemenag Dapat Manuskrip Alquran Umur Ratusan Tahun dari Kolektor

"Sembilan manuskrip itu terdiri dari enam mushaf Alquran Kuno, dan tiga manuskrip kitab-kitab keislaman"
Manuskrip Alquran berumur ratusan tahun yang didapat Kemenag dari Kolektor (Kemenag)

NASIONAL, KLIKPOSITIF -- Kementerian Agama mendapatkan 9 manuskrip Alquran berumur ratusan tahun dari seorang kolektor dan pecinta manuskrip nusantara asal Sidoarjo, Erwin Dian Rosyidi.

Alquran itu diserahkan ke Bayt Al-Qur’an dan Museum Istiqlal (BQMI) Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) Kementerian Agama.

Sembilan manuskrip itu terdiri dari enam mushaf Alquran Kuno, dan tiga manuskrip kitab-kitab keislaman. Terdapat dua mushaf kuno yang sangat indah, penuh dengan taburan ornamen dan penanda ayat yang digoreskan dari emas prada.

Erwin mengatakan, penyerahan manuskrip itu dilakukan sebagai bentuk kecintaannya pada Nabi Muhammad SAW. Ia pun berharap hal serupa juga bisa diikuti oleh masyarakat lain.

"Saat ini banyak manuskrip di masyarakat yang sudah hancur. Sebagian, ada juga yang dijual ke luar negeri, terutama ke negeri tetangga," katanya dikutip dari laman resmi Kemenag.

Menurut dia, manuskrip adalah bukti sejarah yang tidak ternilai harganya. Ia pun meminta agar pemerintah bisa memperhatikan keamanan dan kelestarian barang-barang langka tersebut. 

Sementara itu Kepala Seksi Koleksi dan Pameran BQMI Saifuddin menyebut nantinya manuskrip ini akan dikonversikan dalam bentuk digital.

"Manuskrip-manuskrip ini akan dikonservasi dan digitalisasi terlebih dahulu agar bisa diakses lebih mudah oleh generasi bangsa di masa mendatang. Selanjutnya, manuskrip ini juga akan dipamerkan di Bayt Al-Qur'an & Museum Istiqlal," pungkas dia.(*)