Menaruh Asa di Atas Hamparan Sawah Solok

"Sawah Solok merupakan hamparan luas sawah dengan tanaman padi sejauh mata memandang"
Keindahan hamparan hijau Sawah Solok, Kota Solok (KLIKPOSITIF/Syafriadi)

Oleh: Syafriadi (Wartawan Muda)

KOTA SOLOK, KLIKPOSITIF -- Sebuah plang merek tak begitu besar berdiri kokoh dengan satu tiang di pinggir jalan lintas Sumatera, tepatnya di kawawasan Lukah Pandan, Kelurahan KTK, Kota Solok. Dari tulisannya, diketahui kawasan itu merupakan sebuah lokasi wisata.

Sawah Solok, demikian sebutan diberikan terhadap objek wisata unggulan yang ada di daerah berpenduduk 71.723 jiwa tersebut. Cukup terkenal, tidak hanya lokal, namun hingga seantero Nusantara bahkan mancanegara.

Sesuai namanya, Sawah Solok merupakan hamparan luas sawah dengan tanaman padi sejauh mata memandang. Suasana alami dengan berlatarkan hijaunya sawah, memanjakan mata bagi siapa saja yang datang.

Suasana damai akan sangat terasa ketika desiran angin memaksa padi bergoyang. Gesekan dedaunan penghssil beras melantunkan nada alam yang menentramkan. Ditambah riak air yang mengalir dari sungai kecil keujung pancoran, melengkapi suasana wisata ala pedesaan yang terselip dipinggiran kota Solok.

Tidak sulit untuk sampai di hamparan sawah Solok. Dari pinggir jalan Lukah Pandan, wisatawan akan dipandu oleh sebuah irigasi yang terbuat dari beton. Lebarnya cukup untuk berpapasan bagi dua orang. Jika ditaksir, pusat wisata agro Sawah Solok hanya sekitar 200 meter dari tepi jalan raya.

Aliran sungai irigasi yang tak begitu beriak menyapa pengunjung yang baru datang. Cukup tenang dan bersih. Disisi kanan dan kiri jalan, hamparan hijau tanaman padi bak permadani nan luas, seakan meluruhkan rasa penat perjalanan.

Bergeser lebih jauh kedalam, pandangan mata pengunjung akan ditarik oleh sejumlah bangunan segi empat sejenis Gazebo atau pondok, menyebar di sejumlah titik. Atapnya dari daun kelapa dan tak memiliki dinding, hanya ada pagar pembatas.

Pondok itu memang disediakan bagi pengunjung yang ingin melepas penat, sekedar mengendurkan urat saraf yang tegang ditarik beban ... Baca halaman selanjutnya