13 Titik Longsor Terjadi di Kurai Limapuluh Kota

"Longsor terjadi di 13 titik di Kenagarian Kurai. Tidak ada korban jiwa akibat persitiwa itu,"
Petugas BPDB Kabupaten Limapuluh Kota bersama warga melakukan pembersihan material longsor. (Ist)

LIMAPULUH KOTA, KLIKPOSITIF -- Hujan deras mengguyur kawasan Kabupaten Limapuluh Kota semenjak Selasa (11/12) dini hari hingga siang mengakibatkan longsor terjadi di 13 titik di Kenagarian Kurai, Kecamatan Suliki, Kabupaten Limapuluh Kota.

"Longsor terjadi di 13 titik di Kenagarian Kurai. Tidak ada korban jiwa akibat persitiwa itu," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Limapuluh Kota, Joni Amir, Selasa 11 Desember 2018.

Akibat longsor itu, akses jalan antar jorong di kenagarian menjadi tertanggu dan sampai saat ini alat berat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sudah berada di lokasi untuk melakukan pembersihan material longsor.

"Sampai saat ini petugas bersama masyarakat sudah di lokasi. Untuk jalur sudah bisa dilewati kendaraan roda dua," terangnya.

Menurutnya, salah satu kesulitan BPBD melakukan pembersihan material longsor adalah sulitnya akses alat berat ke daerah tersebut.

"Karena jalannya antar jorong yang hanya diaspal jadi alat berat sulit masuk. Kalau dipaksakan masuk jalan bisa menjadi rusak," katanya.

Menurutnya, meski titiknya sebanyak 13 tapi yang cukup besar hanya di dua titik dan salah satunya ada batu cukup besar yang menghambat di jalan. "Itu yang saat ini terus diusahakan," terangnya.

Dikatakannya, untuk kawasan Kabupaten Limapuluh Kota memang terdapat beberapa kawasan yang cukup rawan longsor. Karena itu, warga diminta untuk tetap waspada apabila melewati lokasi rawan tersebut.

"Selalu waspada ketika melewati jalur berbahaya. Apabila memang kondisi hujan jangan dipaksakan untuk lewat," pungkasnya.

[Taufik Hidayat Kampai]